PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01

Mawadah., Atik Nur (2023) PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI SEMBUNGHARJO 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Atik Nur Mawadah 19120103.pdf] Text
Atik Nur Mawadah 19120103.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pentingnya
kemandirian belajar pada peserta didik, selanjutnya pentingnya kemampuan
berpikir kreatif pada materi pecahan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada
materi pecahan kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01? Penelitian ini bertujuan
untuk mengidentifikasi terdapat atau tidaknya pengaruh yang signifikan antara
kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi pecahan
kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas IV SD
Negeri Sembungharjo 01 Tahun Pelajaran 2022/2023. Sampel yang digunakan
dalam penelitian dari populasi yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 27 siswa.
Pengambilan sampel dalam data menggunakan teknik sampling purposive. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian
menggunakan pedoman angket kemandirian belajar dan pedoman tes berupa soal
uraian pecahan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa. Validasi
instrumen dalam penelitian ini menggunakan validasi konstruk. Teknik analisis
data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Uji prasyarat
meliputi uji normalitas dan uji linieritas.
Hasil dari analisis data menunjukan nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0.000
< 0.05 yang berarti bahwa ada pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y.
Nilai R Square sebesar 0.431, nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh
kemandirian belajar (X) terhadap kemampuan berpikir kreatif (Y) siswa adalah
sebesar 43.1% sedangkan sisanya 56.9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak
diteliti. Maka dalam penelitian ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara kemandirian belajar terhadap kemampuan berpikir kreatif pada
materi pecahan kelas IV SD Negeri Sembungharjo 01.
Dari penelitian ini diharapkan guru dapat menerapkan model pembelajaran
alternatif yang mampu menumbuhkan siswa berpikir kreatif, guru mampu
meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam melakukan kemandirian belaja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:27
Last Modified: 18 Jan 2024 04:27
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1199

Actions (login required)

View Item
View Item