Faiqotusshabrina, Nanda (2023) ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
NANDA FAIQOTUSSHABRINA 19120201.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Nanda Faiqotusshabrina, “ANALISIS LITERASI NUMERASI SISWA
DALAM PEMBELAJARAN OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT SISWA
KELAS IV SEKOLAH DASAR”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Dosen Pembimbing I Mei Fita Asri
Untari S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II Dr. Bagus Ardi Saputro S.Pd.,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan literasi
numerasi siswa yang masih rendah, siswa masih belum memahami konsep
pemecahan masalah matematika yang diaplikasikan di kehidupan sehari-hari yang
berkaitan dengan konsep literasi numerasi.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan
sekolah dalam melaksanakan kegiatan literasi numerasi. (2) Untuk mengetahui
faktor pendukung dan penghambat literasi numerasi siswa kelas IV SDN Kaliayu
Kabupaten Kendal. (3) Untuk mendeskripsikan kemampuan pengetahuan dan
kecakapan literasi numerasi dalam pembelajaran operasi hitung bilangan bulat
siswa kelas IV SDN Kaliayu Kabupaten Kendal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan
mengambil data dan informasi yang sesuai dengan fakta dilapangan. Data diperoleh
dianalisis dan disajikan dalam bentuk deskriptif. Teknik Pengumpulan data yang
dilakukan adalah Wawancara, Observasi, Tes dan Dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa sekolah sudah berupaya untuk
melakukan pembiasaan rutin literasi numerasi dengan memfasilitasi sarana
prasarana seperti buku, pojok baca, perpustakaan dan perpustakaan digital. Salah
satu faktor pendukung literasi numerasi siswa di kelas IV adalah kompetensi guru
dalam memahami literasi numerasi, sedangkan faktor penghambatnya adalah
rendahnya minat literasi numerasi siswa. Literasi numerasi siswa dalam
pembelajaran operasi hitung bilangan bulat, berdasarkan hasil penelitian
menunjukan bahwa siswa cukup memahami materi namun siswa masih kesulitan
dalam memahami soal konteks literasi numerasi. Siswa cenderung memiliki
kemampuan literasi numerasi yaitu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam
berbagai bentuk (tabel, grafik, bagan dan bentuk lainnya).
Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah sebagai upaya mengatasi
kemampuan literasi numerasi siswa dalam pembelajaran matematika, maka
hendaknya guru menerapkan konsep matematika dengan kehidupan sehari-hari, hal
ini agar siswa bisa memiliki kemampuan literasi numerasi yang baik dan sekolah
diharapkan dapat mengupayakan tes berbasis literasi dan numerasi karena sangat
relevan digunakan dalam asesemen pembelajaran.
Kata Kunci: Literasi Numerasi, Matematika
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:24 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1198 |