KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS II SD NEGERI SUMBERAGUNG 01 PATI

Rofiqoh, Naila Izzatir (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PBL (PROBLEM BASED LEARNING) BERBANTU MEDIA GAMBAR CERITA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS KELAS II SD NEGERI SUMBERAGUNG 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of NAILA IZZATIR ROFIQOH 19120067.pdf] Text
NAILA IZZATIR ROFIQOH 19120067.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Naila Izzatir Rofiqoh. NPM 19120067. “Efektifitas Penggunaan Model
Problem Based Learning berbantu Media Gambar Cerita untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD Negeri Sumberagung 01, Pati”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2019.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan siswa
dalam berpikir kritis masih redah dengan rata rata 44% tuntas, sedangkan 88%
tidak tuntas. Selain itu guru juga belum pernah menggunakan model Problem
Based Learning dalam pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah efektivitas penggunaan
model Problem based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II
SD Neegeri Sumberagung 01? Tujuan yang hendak dicapai peneliti dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Model Problem
Based Learning berbantu Media Gambar Cerita untuk Meningkatkan
Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas II SD Negeri Sumberagung 01, Pati.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu Pre-Eksperimental Designs dengan jenis one-group pretest-posttest
designs. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas II SD
Negeri Sumberagung 01. Sampel yang diambil dalam penelitian ini yaitu seluruh
siswa kelas II sejumlah 11 siswa.
Berdasarkan perhitungan maka diperoleh hasil pretest sebanyak 0% siswa
yang tuntas dan sebanyak 100% siswa yang tidak tuntas. Sedangkan hasil posttest
sebanyak 91% siswa yang tuntas dan 9% siswa yang tidak tuntas dengan rata rata
posttest 87,7. Hasil analisis hasil uji t menyatakan bahwa nilai Thitung sebesar
11,983. Karena Thitung> Ttabel yaitu 11,983>2,179, maka H0 ditolak dan Ha
diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat efektifitas penggunaan model Problem
Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas II SD Negeri
Sumberagung 01.
Model pembelajaran Problem Based Learning ini dapat dijadikan sebagai
salah satu alternative guru untuk mengajar sehingga siswa lebih aktif selama
proses pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat.
Kata kunci : Model Problem Based Learning, kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:21
Last Modified: 18 Jan 2024 04:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1196

Actions (login required)

View Item
View Item