PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI ADVENTURE EDUCATION TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD NEGERI 1 PALEBON TAHUN AJARAN 2023/2024

Mustofa, Muhammad Nurul (2023) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MATERI ADVENTURE EDUCATION TERHADAP KECERDASAN KINESTETIK SISWA SD NEGERI 1 PALEBON TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Muhammad Nurul Mustofa 19230071.pdf] Text
Muhammad Nurul Mustofa 19230071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Nurul Mustofa “Pengembangan Desain Pembelajaran “Adventure
Education” Pada Materi Pendidikan Luar Kelas PJOK untuk Meningkatkan
Kecerdasan Kinestetik”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi karena guru memerlukan inovasi tentang
pembelajaran Pendidikan luar kelas untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain Pembelajaran Adventure
Education Pada Materi Pendidikan Luar Kelas PJOK untuk Meningkatkan
Kecerdasan Kinestetik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research And
Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan ADDIE. Validasi
produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian dikembangkan dan di
uji cobakan kelayakan produk kepada Guru dan 28 siswa kelas V SD Negeri 1
Palebon Kota Semarang.
Hasil analisis data melalui deskriptif presentase menunjukkan angket ahli
materi dan ahli media pembelajaran adalah 92,5% dan 94,85% dengan kategori
sangat baik digunakan tanpa revisi. Hasil analisis angket respon guru adalah 92%
dengan kategori “Sangat layak”. Hasil analisis keefektifan siswa adalah 100%
dengan kategori “Sangat positif”. Hasil analisis efisiensi produk dari hasil uji
validasi ahli materi 92,5%, media 94,85% dan hasil angket siswa 91% dinyakatakn
“Efisien”. Hasil performa produk dalam aspek tampilan dinyatakan “Sangat layak”
dengan presentase 94,85% untuk aspek isi/materi sangat telah divalidasi ahli materi
dengan kategori “Sangat layak” 92,5%. Sedangkan untuk analisis kepraktisan siswa
adalah 91% dengan kategori “Sangat layak digunakan”.
Berdasarkan penjelasan di atas maka penggunaan desain Pembelajaran
Adventure Education Pada Materi Pendidikan Luar Kelas PJOK untuk
Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik layak digunakan oleh siswa karena mendapat
presentase dari guru PJOK sebesar 92% dalam kategori “Sangat layak”.
Kata Kunci: Pengembangan, Adventure Education, Pendidikan Luar Kelas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:17
Last Modified: 18 Jan 2024 04:17
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1191

Actions (login required)

View Item
View Item