HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN RONDO DAN PASSING DIAMOND SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 GODONG

Ichsani, Muhammad Maulino Rizqo Nuril (2023) HASIL BELAJAR PASSING SEPAK BOLA MELALUI PERMAINAN RONDO DAN PASSING DIAMOND SISWA KELAS XI MIPA 1 DI SMA NEGERI 1 GODONG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MUHAMMAD MAULINO RIZQO NURIL ICHSANI 18230124.pdf] Text
MUHAMMAD MAULINO RIZQO NURIL ICHSANI 18230124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Muhammad Maulino Rizqo Nuril Ichsani. NPM 16230224. “Hasil Belajar
Passing Sepak Bola Melalui Permainan Rondo dan Passing Diamond Siswa Kelas
XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Godong”. Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan
Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian dilatarbelakangi adanya hasil kemampuan passing sepak bola
siswa kelas XI MIPA 1 di SMA Negeri 1 Godong masih rendah, serta kurangnya
motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran sepak bola. Tujuan penelitian adalah
untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan hasil belajar passing sepak bola
melalui permainan rondo dan permainan passing diamond siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Godong.
Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif menggunakan two groups
pre-test post-test design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 di
SMA Negeri 1 Godong berjumlah 36 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 28
siswa perempuan. Sampel penelitian adalah siswa perempuan berjumlah 28 siswa
yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok 1 diberikan permainan passing
rondo dan kelompok 2 diberikan permainan passing diamond. Pembagian
kelompok menggunakan cara ordinal pairing. Pengambilan sampel menggunakan
teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes,
yaitu praktik passing inside of the foot. Uji persyaratan data menggunakan uji
normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t-test.
Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: (1) terdapat peningkatan kemampuan
hasil belajar passing sepak bola melalui permainan rondo siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Godong, dengan perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 62,50 menjadi
rata-rata mean post-test sebesar 82,14, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean
sebesar 19,643 atau 20%. (2) Terdapat peningkatan kemampuan hasil belajar
passing sepak bola melalui permainan passing diamond siswa kelas XI SMA
Negeri 1 Godong dengan perbedaan rata-rata mean pre-test sebesar 67,86 menjadi
rata-rata mean post-test sebesar 89,29, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean
sebesar 21,429 atau 21%. Dapat disimpulkan bahwa permainan rondo dapat
meningkatkan kemampuan hasil belajar passing sepak bola siswa sebesar 20%,
sedangkan permainan passing diamond dapat meningkatkan kemampuan hasil
belajar passing sepak bola siswa sebesar 21%.
Kata kunci: passing sepak bola, permainan rondo, dan permainan passing diamond

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 04:15
Last Modified: 18 Jan 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1189

Actions (login required)

View Item
View Item