PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS X.3 SMA N 1 JUWANA

ROSITA, ANDJELINA PUTRI (2023) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN METODE KARYA WISATA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DESKRIPSI MATA PELAJARAN BAHASA JAWA KELAS X.3 SMA N 1 JUWANA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANDJELINA PUTRI ROSITA 19430005.pdf] Text
ANDJELINA PUTRI ROSITA 19430005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Andjelina Putri Rosita, “Penerapan Model Project Based Learning dengan
Metode Karya Wisata dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Mata
Pelajaran Bahasa Jawa Kelas X.3 SMA N 1 Juwana”. Skripsi Fakultas Pendidikan
Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Bambang Sulanjari,
S.S., M.A. Pembimbing II Dr.Sunarya, S.S., M.Hum. 2023.
Kata Kunci : model pjbl, metode karya wisata, teks deskripsi.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan model
prokect based learning dengan metode karya wisata dalam pembelajaran menulis
teks deskripsi bahasa Jawa kelas X.3 SMA N 1 Juwana. Hal tersebut
dilatarbelakangi oleh peserta didik yang menganggap bahwa pembelajaran bahasa
jawa merupakan mata pelajaran yang tidak menarik dipelajari karena minimnya
pemahaman kosa kata maupun bahasa. Selain faktor dari peserta didik, faktor
utama berasal dari guru yang mengalami keterbatasan dalam menerapkan model
pembelajaran yang bervariasi. Dengan demikian, rumusan masalah yang diperoleh
adalah bagaimana hasil penerapan model pjbl dengan metode karya wisata dalam
pembelajaran menulis teks deskripsi.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian pre-eksperimental design berupa
one shot case study. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan
pendekatan kuantitatif deskripstif, karena data yang diperoleh dihitung secara
statistik kemudian data dianalisis secara statistik deskripstif yakni dengan
mendeskripsikan hasil perhitungan data. Pengambilan data yang digunakan dalam
penelitian ini berupa purposive sampling, sedangkan data yang diperoleh dalam
penelitian ini dikumpulksn dengan cara dokumentasi dan angket (kuesioner).
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
1) Pada aspek pengetahuan, terdapat 31 siswa atau 86% memperoleh nilai di atas
KKM, sedangkan 5 siswa atau 14% belum mencapai KKM. Dari persentase
tersebut, ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 93,4. 2) Pada aspek
keterampilan, 30 siswa atau 83,4% telah memenuhi KKM yang telah ditetapkan
dengan nilai rata-rata kelas sebesar 78,5, sedangkan 6 siswa belum mencapai
KKM yang telah ditentukan. Dengan demikian, penerapan model pjbl dengan
metode karya wisata dalam pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa Jawa
kelas X.3 SMA N 1 Juwana dapat memberikan pengaruh terhadap capaian
pembelajaran yang telah ditentukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:37
Last Modified: 03 Jan 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/118

Actions (login required)

View Item
View Item