Maulana, Muhammad Luxman (2023) ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI NGEMPLAK SIMONGAN 01. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MUHAMMAD LUXMAN MAULANA 19120175.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (7MB)
Abstract
MUHAMMAD LUXMAN MAULANA. NPM 19120175. “Analisis Pendidikan
Karakter Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Di SD Negeri Ngemplak
Simongan 01”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Henry Januar
Saputra. M. Pd. dan Pembimbing II Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh., M. Pd.
Konteks Penelitian dalam penelitian ini adalah bahwa nilai-nilai karakter
merupakan nilai-nilai yang diperlukan dalam membentuk karakter yang baik pada
diri seseorang. Nilai-nilai karakter tersebut dapat diwujudkan melalui kegiatan
ekstrakurikuler pramuka yang dilaksanakan diluar mata pelajaran.
Penelitian ini terfokus pada (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan
ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01 dan apa saja nilai
nilai karakter yang terdapat dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri
Ngemplak Simongan 01? Berdasarkan fokus peneliian di atas, maka tujuan dalam
penelitian ini yaitu untuk mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan pendidikan
karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di SD Negeri Ngemplak
Simongan 01.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini berasal dari kepala sekolah, guru pembina ekstrakurikuler Pramuka,
guru kelas V, siswa yang mengikuti ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan
kegiatan ekstrakurikuler pramuka dilaksanakan setiap hari Jumat pukul 10.00
11.00 WIB. Siswa yang mengikuti ekstrakurikuler berjumlah tujuh puluh delapan.
Sistem pembelajaran dilakukan sesuai dengan buku pedoman dan kurikulum 2013
dengan cara guru pelatih terlebih dahulu menyampaikan materi. Guru pelatih
menyampaikan bagaimana cara memeragakan materi yang di sampaikan dengan
menggunakan secara langsung, setelah itu siswa secara bergiliran mempraktekkan
didepan kelas. Nilai-nilai karakter yang terbentuk diantaranya: sikap disiplin,
kerja keras, toleransi, peduli lingkungan, mandiri, cinta tanah air, semangat
kebangsaan, kreatif, jujur, tanggung jawab. Berdasarkan hasil penelitian yang
dilakukan menunjukkan bahwa sikap siswa sudah sesuai dengan nilai-nilai
karakter.
Saran yang dapat disampaikan peneliti setelah penelitian pada sekolah
tersebut agar tetap menjalankan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakurikuler
pramuka di SD Negeri Ngemplak Simongan 01 dan lebih ditingkatkan. Serta
meningkatkan proses pembelajaran esktrakurikuler Pramuka di SD Negeri
Ngemplak Simongan 01. Guna menciptakan nilai-nilai karakter yang lebih baik,
sekolah perlu mengadakan pembelajaran diluar jam pelajaran, agar terbentuk
karakter yang baik pada setiap siswa. Dengan adanya nilai karakter yang
ditanamkan sejak dini akan membentuk karakter yang baik pada diri siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1177 |