Rizal, Muhammad Fakhru (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BOLA VOLI SISWA KELAS VIII SMP N 4 BAE KUDUS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Muhammad Fakhru Rizal 16230076.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Muhammad Fakhru Rizal. “Efektivitas Model Pembelajaran Problem based
learning dan Project based learning terhadap Hasil Belajar Passing Bola Voli
Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bae Kudus”. Skripsi Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan. Universitas PGRI Semarang. 2023.
Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan terbilang sederhana. Tingkat
keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar masih terlihat kurang.
Untuk itu dibutuhkan metode lain atau metode berbeda yang dapat digunakan
sebagai solusi untuk merangsang siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran
khususnya materi bola voli. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui efektivitas
model pembelajaran problem based learning dan project based learning terhadap
Hasil Belajar Passing Bola Voli Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bae Kudus.
Penelitian digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif “two
group pre test postest design”. Populasi dalam penelitian ini siswa SMP Negeri 4
Bae Kudus. Teknik pengambilan sampel ini pendekatan non probability sampling
menggunakan purposive sampling 64 siswa dengan kriteria siswa kelas VIII yang
menerima kurikulum passing bola voli. Pengambilan data menggunakan instrumen
yang sudah pernah di gunakan, dengan adanya pre-test dan post test.
Berdasarkan hasil penelitian yang memperoleh hasil persebaran data normal
dengan hasil uji normalitas > 0,05. Uji homogenitas menunjukan bahwa penelitian
ini memperoleh hasil homogenitas normal dengan hasil based on mean < 0,05.
Rata-rata pretest Problem based learning sebesar 139,16 dan posttest Problem
based learning sebesar 179,75 dari nilai tersebut mengalami peningkatan sebesar
40,59 atau 29% sedangkan rata-rata pretest Project based learning sebesar 139,97
dan posttest Project based learning sebesar 176,53 dari nilai tersebut mengalami
peningkatan sebesar 36,56 atau 26%.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem
based learning dan project based learning terhadap hasil belajar passing bola voli
siswa SMP Negeri 4 Bae Kudus memberikan perbedaan yang signifikan,
menunjukan bahwa adanya kenaikan rata-rata antara pretest dan posttest setiap
model pembelajaran dan model pembelajaran Problem based learning lebih
berpengaruh terhadap hasil belajar passing bola voli daripada model pembelajaran
Project based learning. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu
atlternatif dalam menyusun model pembelajaran menggunakan problem based
learning dan project based learning terhadap hasil belajar.
Kata kunci : passing bola voli Problem based learning, Project based learning
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 04:01 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 04:01 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1176 |