ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN SOAL KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA PISA

Widiastuti, Ana (2023) ANALISIS KEMAMPUAN SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN SOAL KONTEKSTUAL BERDASARKAN KRITERIA PISA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ASRI WIDIASTUTI 19310109.pdf] Text
ASRI WIDIASTUTI 19310109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan
pemecahan soal kontekstual matematika siswa dalam menyelesaikan soal
kontekstual matematika, serta mengetahui faktor yang mempengaruhi
kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dalam menyelesaikan soal
kontekstual matematika. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik
pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan data tertulis berupa tes
kemampuan pemecahan soal kontekstual matematika PISA, pada kelas VIII
SMP Negeri 3 Kandangserang dan wawancara dengan subjek yang telah
ditentukan. Penentuan subjek dilakukan dengan tes kemampuan pemecahan
soal kontekstual matematika PISA, kemudian dari hasil tes tersebut
dikategorikan menjadi 3 kategori yaitu siswa dengan kemampuan matematika
tinggi, sedang dan rendah. Subjek diambil masing-masing 2 siswa per kategori.
Dari hasil penelitian dengan menggunakan triangulasi sumber diperoleh hasil
bahwa: (1) subjek dengan kemampuan tinggi mampu membuat perencanaan
dalam pemecahan soal, mampu melaksanakan perencanaan, memeriksa
kembali jawaban, mampu melaksanakan langkah-langkah dengan baik,
memahami situasi yang tergambar dan mampu mengaitkan konteks dengan
rumus matematika. (2) subjek dengan kemampuan sedang mampu membuat
perencanaan dalam pemecahan soal, kurang mampu melaksanakan
perencanaan,
cenderung
tidak
memeriksa
kembali
jawaban,
tidak
melaksanakan langkah-langkah dengan baik, dapat memahami situasi yang
tergambar dan mampu mengaitkan konteks dengan rumus matematika. (3)
subjek dengan kemampuan rendah kurang mampu dalam membuat
perencanaan pemecahan soal, kurang mampu melaksanakan perencanaan,
tidak memeriksa kembali jawaban, tidak melaksanakan langkah-langkah
dengan baik, kurang bisa memahami situasi yang tergambar dan kurang
mampu mengaitkan konteks dengan rumus matematika.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Soal Kontekstual, PISA.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:57
Last Modified: 18 Jan 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1171

Actions (login required)

View Item
View Item