ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 1 JEKETRO

Farkhati, Ifa (2023) ANALISIS HASIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN IPAS DI KELAS IV SD NEGERI 1 JEKETRO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of IFA FARKHATI 19120303.pdf] Text
IFA FARKHATI 19120303.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

IFA FARKHATI. NPM 19120303. “Analisis Hasil Implementasi Kurikulum
Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS Di Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Prasena Arisyanto., M.Pd, Dr. Fine Reffiane, S.Pd.,
M.Pd.September 2023.
Latar Belakang yang mendorong Penelitian ini adalah sudah diterapkannya
Kurikulum Merdeka Belajar meskipun tidak terlepas dari berbagai permasalahan
yang ada. Penerapannya masih diterapkan secara bertahap yaitu kelas IV, yang
mana penerapannya tidak terlepas dari permasalahan baik dalam hal perencanaan,
pelaksanaan, dan penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: 1)
Untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS
Kelas IV SD Negeri 1 Jeketro, 2) Untuk mengetahui kendala dan hambatan dalam
pengimplementasian kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS Kelas IV SD
Negeri 1 Jeketro, 3) Untuk mengetahui upaya mengatasi kendala dan hambatan
dalam pengimplementasian kurikulum merdeka pada pembelajaran IPAS Kelas IV
SD Negeri 1 Jeketro
Jenis Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru, dan siswa kelas
I. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, di SD Negeri 1 Jeketro
sudah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Belajar dengan penerapan
pembelajaran berbasis proyek, asesmen diagnostik, formatif, dan sumatif,
pembelajaran berbasis mata pelajaran, IPAS, raport, ATP dan Modul Ajar
dikerjakan sendiri walaupun masih memodifikasi dari perangkat ajar yang lain .
Kedua, problematika guru dalam menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar pada
perencanaan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran adalah kesulitan
menganalis CP, merumuskan TP dan menyusun ATP dan Modul Ajar,
menentukan metode dan strategi pembelajaran, minimnya kemampuan
menggunakan teknologi, terbatasnya buku siswa, kurangnya kemampuan dan
kesiapan menggunakan metode dan media pembelajaran, materi ajar terlalu luas,
menentukan proyek kelas IV , kurangnya alokasi waktu pembelajaran berbasis
proyek, menentukan bentuk asesmen dan bentuk asesmen pada pembelajaran
berbasis proyek. Ketiga, upaya yang diterapkan guru dalam mengatasi
permasalahan penerapan Kurikulum Merdeka Belajar adalah pertemuan rutin
dengan KKG, pendampingan PMO dan khusus coaching kepala sekolah,
menggunakan buku abjad, menulis dipapan tulis, ketik, buat lembar kerja, dan
membuat format untuk proyek sendiri, melanjutkan proyek di rumah, membuat
catatan, dan mengikuti pelatihan implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Supaya dapat meningkatkan kembali pemahaman tentang Kurikulum Merdeka
Belajar, sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan
kurikulum yang sedang diberlakukan
Kata Kunci: Problematika, Penerapan, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:34
Last Modified: 04 Jan 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/117

Actions (login required)

View Item
View Item