PROFIL KEPERCAYAAN DIRI CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI DISAAT PANDEMI COVID 19 DITINJAU DARI RESILIENSI MAHASISWA

Lutfi, Moh Anang (2023) PROFIL KEPERCAYAAN DIRI CALON GURU MATEMATIKA DALAM MENYELESAIKAN SKRIPSI DISAAT PANDEMI COVID 19 DITINJAU DARI RESILIENSI MAHASISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Moh Anang Lutfi 16310148.pdf] Text
Moh Anang Lutfi 16310148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kepercayaan diri calon
guru matematika dalam menyelesaikan skripsi disaat pandemic covid 19
ditinjau dari resiliensi mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian
deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah 3 orang mahasiswa
program studi pendidikan matematika Universitas PGRI Semarang yang
sedang menyelesaikan skripsi disaat pandemic covid 19. Terdiri dari 1 orang
mahasiswa dengan tiap kategori resiliensi tinggi, sedang dan rendah.
Instrument utama dalam penelitian ini yaitu peneliti itu sendiri dan instrument
pendukung yang digunakan adalah angket dan wawancara. Teknik analisi data
yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
menarik kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan
triangulasi metode.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyelesaikan
skripsi disaat pandemic covid-19 subjek yang memiliki tingkat resiliensi
tinggi mampu memenuhi 4 aspek kepercayaan diri, yaitu aspek keyakinan
akan kemampuan diri, optimis, bertanggung jawab, rasional dan realitas.
Hanya 1 aspek yang tidak terpenuhi secara sempurna yaitu aspek obyektifitas,
namun pada aspek ini subjek mampu memenuhi 1 dari 2 indikator yang ada.
Dan dari keseluruhan indikator yang ada pada 5 aspek kepercayaan diri yaitu
12 indikator, subjek hanya tidak memenuhi 1 indikator. Selanjutnya subjek
yang memiliki tingkat resiliensi sedang mampu memenuhi 4 aspek
kepercayaan diri, yaitu aspek optimis, obyektifitas, bertanggung jawab,
rasional dan realitas. Ada 1 aspek yang tidak terpenuhi oleh subjek yaitu
aspek keyakinan akan kemampuan diri. Dan dari 12 indikator yang ada pada
aspek kepercayaan diri subjek mampu memenuhi 10 indikator. Subjek yang
memiliki tingkat resiliensi rendah hanya mampu memenuhi 2 aspek
kepercayaan diri, yaitu aspek obyektifitas dan aspek bertanggung jawab.
Adapun 3 aspek yang tidak terpenuhi secara sempurna yaitu aspek keyakinan
akan kemampuan diri,optimis, dan aspek rasional dan realitas. Untuk 12
indikator yang ada pada aspek kepercayaan diri, subjek mampu memenuhi 9
indikator.
Kata Kunci : Kepercayaan diri, resiliensi mahasiswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:44
Last Modified: 18 Jan 2024 03:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1160

Actions (login required)

View Item
View Item