ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN POLYA PADA KELAS IV SDN SUMBERARUM

Sari, Mita Retna (2023) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN METODE PEMBELAJARAN POLYA PADA KELAS IV SDN SUMBERARUM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mita Retna Sari 19120169.pdf] Text
Mita Retna Sari 19120169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MITA RETNA SARI. NPM 19120169 “Analisis kemampuan penalaran
matematis siswa dalam memecahkan masalah matematika dengan metode
pembelajaran Polya pada kelas IV SDN Sumberarum”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Choirul Huda, M.Si., M.Pd, dan Dosen
Pembimbing II Fajar Cahyadi, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penalaran dalam suatu
proses pembelajaran. Kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran
matematika berguna untuk mengukur seberapa jauh kemampuan siswa dalam
memahami, menentukan cara serta melakukan pemecahan masalah matematika.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana kemampuan penalaran
matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika pada metode
pembelajaran polya di kelas IV SDN Sumberarum tahun pelajaran 2022/2023.
Tujuan penulisan skripsi ini adalah mendeskripsikan kemampuan penalaran
matematis siswa kelas IV SDN Sumberarum tahun pelajaran 2022/2023.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif
dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di SDN Sumberarum.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, kuesioner dan
dokumentasi serta untuk pengumpulan data kemampuan penalaran matematis
siswa menggunakan soal tes pemecahan masalah matematika dengan berbagai
aspek penalaran. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan
sumber.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil
persentase pada setiap aspek penalaran yaitu memahami pengertian sebesar
78,33% termasuk kategori sangat tinggi, berpikir logis sebesar 80,83% termasuk
kategori sangat tinggi, memahami contoh negatif sebesar 75,83% termasuk
kategori tinggi, berpikir deduksi sebesar 83,33% termasuk kategori sangat tinggi,
berpikir sistematis sebesar 87,5% termasuk kategori sangat tinggi, berpikir
konsisten 68,33% termasuk kategori tinggi, menarik kesimpulan sebesar 73,33%
termasuk kategori tinggi, menentukan metode sebesar 74,16% termasuk kategori
tinggi, membuat alasan sebesar 68,33% termasuk kategori tinggi, dan menentukan
strategi sebesar 70% termasuk kategori tinggi.
Dapat disimpukan bahwa pelaksanaan pembelajaran matematika di SDN
Sumberarum sudah berjalan dengan baik, pada sepuluh aspek penalaran
matematis tersebut siswa paling banyak dalam mengerjakan dengan benar terdapat
dalam aspek memahami pengertian, sedangkan siswa yang belum mampu
menjawab paling banyak adalah aspek menentukan strategi.
Saran yang diberikan dalam skripsi ini adalah bagi guru, peneltian ini
diharapkan mampu dijadikan sebagai referensi untuk mengetahui sejauh mana
kemampuan penalaran siswa dalam memecahkan masalah matematika sehingga
guru lebih memperhatikan dan membimbing siswa.
Kata kunci : penalaran matematis, pemecahan masalah, pembelajaran
matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:38
Last Modified: 18 Jan 2024 03:38
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1155

Actions (login required)

View Item
View Item