PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 SEMARANG

Talifin, Moh. (2023) PERAN GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA DEMOKRASI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 34 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Moh. Talifin 19210037.pdf] Text
Moh. Talifin 19210037.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Moh. Talifin 19210037 “Peran Guru PPKn dalam Mengembangkan
Budaya Demokrasi di SMP Negeri 34 Semarang”, Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Latar belakang dari penelitian ini: kurang maksimalnya peran guru dalam
mengembangkan budaya demokrasi di sekolah dan kurangnya persepsi guru
dan peserta didik dalam mengembangan budaya demokrasi di SMP Negeri 34
Semarang.
Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana peran guru Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan dalam mengembangkan budaya demokrasi di
SMP Negeri 34 Semarang. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis dan
mendeskripsikan peran yang dilakukan guru dalam menanamkan nilai
demokrasi pada siswa.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Setting
penelitian berada di SMP Negeri 34 Semarang, peneliti melakukan penelitian
dilapangan dengan mengadakan observasi dan wawancara dengan 10 (sepuluh)
subjek yang akan diteliti yaitu mulai dari kepala sekolah, dua guru PPKn, dan
7 peserta didik di SMP Negeri Semarang. Proses tersebut dinamakan tahap
pengumpulan data, karena data yang dikumpulkan banyak, maka diadakan
reduksi data. Setelah reduksi data kemudian diadakan sajian data.
Hasil penelitian yang diperoleh antara lain 1) Aktualisasian nilai persatuan
dalam kegiatan belajar kelompok di SMP Negeri 34 Semarang ini juga sudah
baik. Tetapi masih ada beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai
peran guru. 2) Masih ada beberapa kendala dalam mengaktualisasikan nilai
budaya demokrasi pada kegiatan belajar kelompok ini. 3) Cara guru
menghadapi semua kendala sudah baik yaitu dengan memberikan konsekuensi
dan sanski untuk beberapa siswa yang tidak mengaktualisasikan nilai budaya
demokrasi dalam kegiatan belajar mengajar ini.
Kesimpulan dari penelitian ini Peran guru PPKn dalam mengembangkan
budaya demokrasi sudah berhasil, karena setiap kendala yang dihadapi guru
mempunyai cara untuk bisa menghilangkan apa yang menjadi faktor
penghambat keberhasilan untuk bisa berhasil mengembangkan budaya
demokrasi di sekolah, peran yang dilakukan guru sangat berpengaruh terhadap
keberhasilan sehingga siswa bisa mempunyai pendidikan berkarakter yang
baik mengenai budaya demokrasi.
Kata Kunci : Peran, Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,
Budaya Demokrasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:35
Last Modified: 18 Jan 2024 03:35
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1151

Actions (login required)

View Item
View Item