ROCHMANA, DEWI (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION BERBANTU MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD NEGERI 3 GENENGSARI KEC.KEMUSU KAB.BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DEWI ROCHMANA 19120312.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
DEWI ROCHMANA. NPM 19120312. “Penerapan Model Pembelajaran
Realistic Mathematics Education Berbantu Media Kantong Bilangan Terhadap
Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan Kelas II SD Negeri 3 Genengsari
Kec.Kemusu Kab.Boyolali” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UniversitasPGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Dr. Kartinah, S.Si., M.Pd. Dosen
Pembimbing II: Rofian, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan di SD Negeri 3
Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali, yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada
mata pelajaran matematika materi penjumlahan yang dilihat dari penilaian akhir
semester, yang disebabkan kurang pahamnya siswa dengan konsep penjumlahan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada perbedaan yang
positif hasil belajar materi penjumlahan sebelum dan sesudah menerapkan model
pembelajaran Realistic Mathematics Education berbantu media kantong bilangan
kelas II SD Negeri 3 Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali? Tujuan yang dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan positif
hasil belajar materi penjumlahan dalam menerapkan model pembelajaran Realistic
Mathematics Education berbantu media kantong bilangan kelas II SD Negeri 3
Genengsari Kec.Kemusu Kab.Boyolali
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan
Pre Eksperimental Design yang berbentuk One Group Pretest Posttest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD Negeri 3
Genengsari. Sampel yang digunakan yaitu peserta didik kelas II SD Negeri 3
Genengsari yang terdiri dari 16 peserta didik. Teknik sampling dalam penelitian
ini adalah mengggunakan sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh
melalui wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan pada analisis awal adalah uji normalitas. Analisis akhir menggunakan
uji normalitas, uji hipotesis, dan uji ketuntasan belajar.
Rata-rata hasil belajar peserta didik yang menunjukkan pembelajaran
tanpa menggunakan model pembelajaran RME (pretest) sebanyak 64,375%.
Sedangkan rata-rata hasil belajar peserta didik setelah diberi perlakuan (posttest)
dengan menggunakan model pembelajaran RME sebanyak 78,125%. Hal tersebut
diperkuat dengan hasil perhitungan uji t berpasangan dapat disimpulkan bahwa uji
t berpasangan pada hasil pretest dan posttest menghasilkan nilai signifikansi t hitung
(11,00) > t tabel (2,131), maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho
ditolak, sehingga terdapat perbedaaan antara pretest dan posttest. Dengan
demikian ada perbedaan positif model pembelajaran Realistic Mathematics
Education berbantu media kantong bilangan materi penjumlahan di kelas II SD
Negeri 3 Genengsari Kec. Kemusu, Kab. Boyolali. Berdasarkan hasil penelitian
ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya model pembelajaran Realistic
Mathematics Education berbantu media kantong bilangan materi penjumlahan
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 03 Jan 2024 06:30 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 06:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/115 |