Atho'illah, M. Faiq (2023) HUBUNGAN KEPERCAYAAN DIRI DENGAN PENYESUAIAN DIRI SISWA PUTRA KELAS VII SMP AL MUSYAFFA KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M. FAIQ ATHO’ILLAH 19110141.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
M.Faiq Atho’illah. NPM 19110141 : “ Hubungan kepercayaan diri dengan
penyesuaian diri siswa putra kelas VII SMP AL Musyaffa Kendal “. Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Univeritas
PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Dra. Tri Suyati, M.Pd.
Pembimbing II : Agus Setiawan, S. Pd., M.Pd.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa kelas VII SMP Al musyaffa
Kendal belum memiliki kepercayaan diri yang cukup untuk menyesuaikan diri
dengan lingkungannya yang berakibat kepada proses belajarnya di sekolah.
Berdasarkan angket tentang kepercayaan diri yang telah disebarkan ditemukan
bahwa siswa mengerjakan tugas tepat waktu hanya sebesar 18%, siswa belum
mengetahui bakat yang ada pada diri saya 42%, siswa merasa tidak pantas jika
ditunjuk menjadi ketua kelas 54%, siswa kesulitan dalam mengembangkan bakat
yang dimiliki 69%, dan malu bertanya 70%,. kemudian pada angket penyesuaian
diri ditemukan bahwa pada item sulit memulai pembicaraan dengan orang yang
belum dikenal 90%, saya sulit menceritakan masalah 66%, saya berfikir tidak
dapat bersosialisasi dengan baik 60%, dan cenderung menutup diri 75%. Dari
hasil angket yang telah disebar menunjukan bahwa adanya permasalahan pada
kepercayaan diri dan penyesuaian diri siswa kelas VII SMP Al Musyaffa Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi data penelitian sejumlah 192 siswa, meliputi kelas VII A
F. Sampel uji coba (Try out) berjumlah 29 siswa kelas VII F. Sampel dalam
penelitian ini sejumlah 62 siswa yang diambil dengan teknik random sampling.
Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kepercayaan diri dan skala
penyesuaian diri.
Hasil uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji korelasi person
product moment, menunjukkan bahwa uji korelasi person product moment dari
kedua variabel memperoleh hasil signifikansi sebesar (r) = 0,455. Sedangkan nilai
r tabel untuk jumlah sampel 62 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 0,240 yang
berarti kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan. Oleh karena
nilai r hitung 0,455 > r tabel 0,240 apabila dicocokan dengan tabel interpretasi
menunjukkan bahwa antara variabel kepercayaan diri dengan variabel
perencanaan penyesuaian diri memiliki tingkat hubungan yang cukup. Dari hasil
tersebut menunjukkan bahwa terdapat Hubungan kepercayaan diri dengan
penyesuaian diri siswa putra kelas VII SMP AL Musyaffa Kendal
Berdasarkan penelitian ini diharapkan siswa dapat menumbuhkan rasa
percaya diri dan meningkatkan penyesuaian diri dengan maksimal sesuai dengan
potensi yang dimilikinya.
Kata kunci : kepercayaan diri, penyesuaian diri
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:30 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1145 |