Hidayat, M. Taufik (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 1 KETANGGUNGAN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M Taufik Hidayat 18110087.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
M. Taufik Hidayat. NPM 18110087. Skripsi. Agustus 2023. “Pengaruh
Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management Terhadap Kedisiplinan
Belajar Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes”. Program
Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd., Kons., dan Pembimbing II
M.A. Primaningrum Dian, S.Psi., M.Psi., Psi.
Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah perilaku tidak disiplin dalam
belajar, yaitu: (1) beberapa siswa masih terlambat datang ke sekolah; (2) beberapa
siswa masih mencontek, sering bolos, gaduh di kelas, dan terlambat
mengumpulkan tugas dari guru; dan (3) beberapa siswa tidak mengerjakan PR
dari guru. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui adanya pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa
kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes.
Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre-Experimental
Designs tipe One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes berjumlah 72
siswa, terdiri dari kelas XII IPS 1 berjumlah 36 siswa dan kelas XII IPS 3
berjumlah 36 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas XII IPS 1 SMA Negeri
1 Ketanggungan Brebes berjumlah 36 siswa. Teknik sampling menggunakan
teknik sampling purposive. Teknik pengumpulan data adalah non tes dengan skala
psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif. Uji hipotesis
menggunakan uji paired sampel t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa
kelas XII IPS 1 di SMA Negeri 1 Ketanggungan Brebes. Besarnya pengaruh
ditandai dengan perbedaan rata-rata mean pre-test dengan post-test, yaitu
diperoleh nilai rata-rata mean pre-test sebesar 80,53 menjadi rata-rata mean post-
test sebesar 84,89, maka diperoleh peningkatan rata-rata mean sebesar 4,361 atau
4%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan
teknik self management terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XII IPS di SMA
Negeri 1 Ketanggungan Brebes.
Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik self management, kedisiplinan
belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:28 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1142 |