Prasetio, Lukman (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE SISWA SMK NEGERI 1 SUKAMARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
LUKMAN PRASETIO 17110022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Lukman Prasetio. 17110022. ” Pengaruh Bimbingan Kelompok Dengan
Teknik modelling Untuk Mengurangi Kecanduan Game Online Siswa SMK N1
Sukamara”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dr. Arri Handayani, S. Psi., M. Si, Dr.
Chr. Argo Widiharto, S.Psi., M.Si. Maret. 2023.
Penelitian pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modeling ini
dilatarbelakangi oleh siswa yang sering mengantuk saat jam pelajaran, siswa
sering tertidur saat pembelajaran jarak jauh sehinnga tidak mengikuti, nilai
sekolah siswa menurun, orangtua atau wali murid mengatakan bahwa selama di
rumah anaknya lebih sering bermain game online, banyak waktu yang dihabiskan
dengan bermain game online dari pada belajar, siswa menghabiskan waktu
bermain game dari setelah sholat isa sampai menjelang subuh, siswa lupa makan
dan beribadah karena keasikan bermain game online, siswa juga mengalami
imsonia (gangguan tidur), tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh
bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk mengurangi kecanduan
game online siswa SMK Negeri 1 Sukamara.
Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan
pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua
siswa kelas XI ATPH SMK Negeri 1 Sukamara yang berjumlah 65 siswa yang
terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI ATPH 1 dan XI ATPH 2. Try out akan
dilaksanakan di kelas XI ATPH 1 dengan jumlah siswa 32 siswa. Teknik
sampling yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Analisis yang
digunakan untuk menguji validitas adalah product moment dan reliabilitas
menggunakan rumus alpha.
Kesimpulan akhir berdasarkan hasil analisis data bahwa hasil pretest pada
kelompok eksperimen dengan rata-rata 45,8 dan kelompok kontrol dengan rata
rata 50,1, sedangkan pada hasil posttest pada kelompok eksperimen dengan rata
rata 63,3 dan kelompok kontrol dengan rata-rata 59,8. Selain itu, dari hasil analisis
uji t perbedaan bahwa posttest diantara kelompok eksperimen dengan kelompok
kontrol terhadap kecanduan game online dengan menggunakan rumus uji t
didapatkan sebesar thitung sebesar 10,3 > ttabel sebesar 2,021 pada taraf signifikan
5% maka thitung lebih besar dari berarti ttabel artinya Ho ditolak dan Ha diterima,
sehingga dapat disimpulkan dengan melalui hipotesis yang berbunyi “ada
pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik modelling untuk mengurangi
kecanduan game online siswa SMK Negeri 1 Sukamara. Saran yang dapat peneliti
sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan
bimbingan kelompok dengan teknik modelling berkenaan dengan kecanduan game
online.
Kata kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, Teknik Modelling, Kecanduan
Game Online.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 18 Jan 2024 03:23 |
Last Modified: | 18 Jan 2024 03:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1139 |