PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG

BUDIANSYAH, LARAS (2023) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PROBLEM SOLVING TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI MIPA DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 1 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LARAS BUDIANSYAH 18110114.pdf] Text
LARAS BUDIANSYAH 18110114.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi beberapa masalah, yaitu: (1) siswa melakukan
pelanggaran disiplin waktu, yaitu: terlambat datang ke sekolah, membolos dan
terlambat mengumpulkan tugas; dan (2) siswa melakukan pelanggaran disiplin
perbuatan, yaitu: tidak mengikuti upacara, memakai atribut tidak lengkap, tidur di
kelas, bertengkar di sekolah, bermain HP saat pelajaran, pemalsuan data absensi
piket, dan pelanggaran pemakaian atribut. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh bimbingan kelompok teknik problem solving
terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1
Semarang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi
experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi
dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA di SMA Islam
Sultan Agung 1 Semarang, berjumlah 72 siswa. Sampel penelitian adalah siswa
kelas XI MIPA 2 di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang berjumlah 35 siswa.
Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Teknik pengumpulan
data menggunakan skala psikologis. Teknik analisis data menggunakan statistik
deskriptif. Uji hipotesis menggunakan uji regresi linear sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa
kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Besarnya pengaruh
yang diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving
terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam Sultan Agung 1
Semarang, diperoleh nilai R-Square sebesar 0,38, maka layanan bimbingan
kelompok dengan teknik problem solving memberikan pengaruh sebesar 38%.
Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik
problem solving terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI MIPA di SMA Islam
Sultan Agung 1 Semarang.
Kata kunci: bimbingan kelompok dengan teknik problem solving, kedisiplinan belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:25
Last Modified: 18 Jan 2024 03:25
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1136

Actions (login required)

View Item
View Item