PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN KALICARI 02 SEMARANG

SIREGAR, FERDINA (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SDN KALICARI 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FERDINA SIREGAR 19120204.pdf] Text
FERDINA SIREGAR 19120204.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

FERDUNA SIREGAR. NPM 19120204. "Pengembangan Media Pop Up Book
pada Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kalicari 02 Semarang". Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Singgih Adhi Prasetyo, S.Sn.,M.Pd
dan Dr. Kartina, S.Si., M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian siswa merasa bosan dan
kurang memahami materi bangun ruang. Selain itu juga, murid menganggap
pembelajaran yang sangat monoton dan tidak bervariasi, ditambah lagi dengan
cara guru menyampaikan materi yang begitu teoritis serta kurang menggunakan
media yang bervariasi dan menarik pada pembelajaran matematika dalam materi
bangun ruang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana
pengembangan Pop Up Book dapat mengukur kemampuan siswa dalam
memahami materi bangun ruang kelas V SDN Kalicari 02 Semarang ?; 2)
Bagaimana kevalidan dan kepraktisan pengembangan Media Pop Up Book Pada
Materi Bangun Ruang Kelas V SDN Kalicari 02 Semarang? Dengan tujuan: 1)
Mengembangkan Pop Up Book untuk mengukur kemampuan siswa dalam
memahami materi bangun ruang kelas V SDN Kalicari 02 Semarang; 2) Menguji
kevalidan dan kepraktisan Media Pop Up Book pada Materi Bangun Ruang Kelas
V SDN Kalicari 02 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan
menggunakan model ADDIE. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV
SDN Kalicari 02 Semarang. Sampel yang diambil adalah 28 siswa kelas V. Semua
anggota digunakan sebagai sampel. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
pengisian angket, tes, dokumentasi, dan observasi.
Hasil pretest dan post-test mengalami kenaikan maka dari itu media Pop
Up Book dapat digunakan untuk mengukur kemampuan siswa dalam memahami
materi bangun ruang. Untuk hasil validasi media oleh ahli media Pop Up Book
bangun ruang mendapatkan skor penilaian sebesar 100% dan 90% dengan
kategori layak. Untuk hasil validasi materi oleh ahli materi diperoleh skor
penilaian sebesar 100% dan 95% dengan kategori sangat layak. Kesimpulannya
media Pop Up Book pada materi bangun ruang valid untuk digunakan di SDN
Kalicari 02 Semarang. Dari hasil angket respon siswa dan guru kelas V SDN
Kalicari 02 Semarang dapat dikatakan bahwa media Pop Up Book pada materi
bangun ruang sangat praktis untuk digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
media Pop Up Book pada materi bangun ruang dapat digunakan sebagai salah satu
media yang digunakan oleh guru. Selain itu, hendaknya peneliti selanjutnya pada
media Pop Up Book pada materi bangun ruang dilengkapi dengan daftar pustaka.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:26
Last Modified: 03 Jan 2024 06:26
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/113

Actions (login required)

View Item
View Item