PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DEMAK

Khafidhiyah, Khusnul (2023) PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIOR TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHUSNUL KHAFIDHIYAH 19110058.pdf] Text
KHUSNUL KHAFIDHIYAH 19110058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KHUSNUL KHAFIDHIYAH. NPM 19110058. “Pengaruh Layanan Konseling
Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Terhadap Perilaku Bullying Siswa Kelas
VIII Di SMP N 1 Demak”.Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Siti
Fitriana, S.Pd, M.Pd, Kons. Dan Pembimbing II Dr. Venty, S. Ag., M.Pd. 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara kepada guru BK, dan
peserta didik kelas VIII B di SMP N 1 Demak. Siswa mengalami perilaku
bullying berupa perilaku bullying verbal dan fisik seperti menghina, mengejek
temannya dari segi fisik, menimpuk teman, mendorong kursi, melempar
penghapus ke teman. Selain itu perilaku bullying pada siswa dengan meneror
teman sendiri lewat pesan whatsApp maupun lewat story. Ada beberapa upaya
yang dilakukan guru BK untuk mengatasi perilaku bullying, Guru BK sudah
berupaya mengatasi perilaku bullying dengan metode konseling individual dan
melakukan pertemuan berkala dengan orang tua siswa. Namun upaya tersebut
belum terbilang efektif untuk menangani kasus perilaku bullying pada siswa.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok
dengan pendekatan behavior terhadap perilaku bullying siswa kelas VIII di SMP
Negeri 1 Demak.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan bentuk Pre-Eksperimen One
Group Pretest Posttest design. Populasi penelitian berjumlah 313 siswa. Sampel
dalam penelitian ini adalah 10 peserta didik yang dipilih kategori sedang
rentangan nilai 90-95 yang saya gunakan treatment dengan teknik purposive
sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis.
Uji Wilcoxon digunakan sebagai alternatif dari uji paired sampel t-test. Data
penelitian ini tidak berdistribusi normal. Dapat diketahui bahwa hasil signifikan
(2-tailed) sebesar 0,005. Dari dasar keputusan dalam perhitungan uji Wilcoxon
maka nilai sig. 0,005 < 0,05 yang artinya bahwa hipotesis yang diajukan
“diterima”. Terdapat perbedaan antara hasil perilaku bulliying setelah diberikan
perlakuan berupa layanan koneling kelompok teknik behavioral contract pada
pretest dan posttest, sehingga dapat dikatakan bahwa “Ada pengaruh layanan
konseling kelompok dengan pendekatan behavior terhadap perilaku bullying siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Demak”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah layanan
konseling kelompok dengan pendekatan behavior dapat digunakan guru BK untuk
mengurangi perilaku bullying siswa.
Kata
Kunci : Konseling Kelompok, Behavior, Perilaku Bullying

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:04
Last Modified: 18 Jan 2024 03:04
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item
View Item