KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PEMANFAATAN ECOBRICK DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOMUNITAS HARAPAN KOTA SEMARANG

Mustaghfiroh, Khoerul (2023) KEEFEKTIFAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DAN PEMANFAATAN ECOBRICK DALAM MENINGKATKAN LITERASI SAINS PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI KOMUNITAS HARAPAN KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KHOERUL MUSTAGHFIROH 19120136.pdf] Text
KHOERUL MUSTAGHFIROH 19120136.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KHOERUL MUSTAGHFIROH. NPM 19120136. “Keefektifan Model Project
Based Learning dan Pemanfaatan Ecobrick dalam Meningkatkan Literasi Sains
pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Komunitas Harapan Kota Semarang”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I
Dr. Iin Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd.,
M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya tingkat
literasi sains anak di Komunitas Harapan Kota Semarang. Hal tersebut disebabkan
kondisi lingkungan yang tidak mendukung dan pembelajaran yang tidak
kontekstual dalam mengoptimalkan kemampuan anak. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah apakah model project based learning dan pemanfaatan
ecobrick dapat meningkatkan literasi sains pada anak usia sekolah dasar di
Komunitas Harapan Kota Semarang. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari penerapan model project
based learning dan pemanfaatan ecobrick dapat meningkatkan literasi sains pada
anak usia sekolah dasar di Komunitas Harapan Kota Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan bentuk Pre
Experimental Design dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah seluruh anak usia sekolah dasar kelas tinggi di Komunitas
Harapan yang telah diketahui bahwa tingkat literasi sains masih rendah. Sampel
dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Komunitas Harapan yang berusia kelas
tinggi dengan jumlah 12 anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat keefektifan terhadap
penggunaan model pembelajaran Project Based Learning dan pemanfaatan
ecobrick untuk meningkatkan literasi sains pada anak usia sekolah dasar di
Komunitas Harapan Kota Semarang, Dapat dibuktikan dengan perhitungan uji
paired sampel t-test, diperoleh nilai hitung sebesar sebesar 7,881 dengan db = n1–
1 = 12-1 = 11 dan taraf signifikan 5%=0,05, diperoleh ttabel sebesar 2,201. Jadi
thitung ˃ ttabel = 7,881 ˃ 2,201 jadi H0 di tolak dan H1 diterima, artinya terdapat
keefektifan dari penerapan model pembelajaran Project Based Learning dan
pemanfaatan ecobrick dalam meningkatkan literasi sains anak usia sekolah dasar
di Komunitas Harapan Kota Semarang.
Saran pada penelitian ini adalah hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan
masukan bagi pihak Komunitas harapan untuk dipertimbangkan dalam
peningkatan dan kemajuan Komunitas harapan. Diharapkan hasil penelitian ini
dapat dijadikan bahan referensi untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 18 Jan 2024 03:02
Last Modified: 18 Jan 2024 03:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1121

Actions (login required)

View Item
View Item