EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 3 SUMBERAGUNG KABUPATEN BOYOLALI

WARSITI, . (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPAS DI SD NEGERI 3 SUMBERAGUNG KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of WARSITI 19120373.pdf] Text
WARSITI 19120373.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

WARSITI. NPM 19120373. “Efektivitas Model Pembelajaran Project Based
Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Mata Pelajaran IPAS di SD
Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang
masih kurang memuaskan. Hal tersebut disebabkan kurangnya variasi dalam
pembelajaran dan penggunaan model pembelajaran yang kurang efektif dalam
mengoptimalkan hasil belajar siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
“Apakah model pembelajaran project based learning efektif terhadap hasil belajar
siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten
Boyolali?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model
pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada
mata pelajaran IPAS di SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-
experimental design dengan jenis one group pretest posttest design. Populasi
penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali
tahun pelajaran 2023/2024. Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV
yang berjumlah 11 siswa dengan menggunakan teknik non probability sampling
dengan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melaui
observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian pretest siswa menunjukkan bahwa rata-rata yang diperoleh
sebesar 55,45, sedangkan pada hasil posttest diperoleh rata-rata sebesar 83,18.
Selanjutnya perhitungan dilakukan dengan menggunakan uji t. Kemudian hasil dari
uji t, diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0,05 yaitu 0,000 < 0,05 sehingga H 0 ditolak
dan H a diterima. Kesimpulannya adalah model pembelajaran project based
learning efektif terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS di
SD Negeri 3 Sumberagung Kabupaten Boyolali. Ketuntasan klasikal hasil belajar
kognitif siswa yang berasal dari nilai pretest adalah 27 % dan nilai posttest adalah
91%, sedangkan untuk hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa adalah 100%.
Hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah
diterapkannya model pembelajaran project based learning. Selain itu peningkatan
hasil belajar siswa juga dapat dilihat berdasarkan uji N-Gain yang memperoleh hasil
yaitu 0,6529 dengan kategori sedang.
Saran penelitian yang dapat disampaikan adalah model pembelajaran project
based learning diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat digunakan
oleh guru dalam pembelajaran di kelas dengan menyesuaikan materi pembelajaran
maupun karakter siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 06:24
Last Modified: 03 Jan 2024 06:24
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item
View Item