PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BELIMBING RESTO DAN CAFE KABUPATEN DEMAK

Aulia, Kiki (2023) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI BELIMBING RESTO DAN CAFE KABUPATEN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Kiki Aulia 19220030.pdf] Text
Kiki Aulia 19220030.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kiki Aulia, “Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap
Kepuasan Pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak”. Skripsi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan Universitas PGRI Semarang,2023
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepuasan pelanggan di Belimbing Resto
dan Cafe Kabupaten Demak yang dibuktikan dengan data pra penelitian mengenai
kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Tujuan dari
penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi
harga terhadap kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten
Demak. Adapun variabel bebas yang digunaka pada penelitian ini adalah 5 dimensi
kualitas pelayanan yaitu bukti fisik (X1), kehandalan (X2), daya tanggap (X3),
jaminan (X4), empati (X5) dan persepsi harga (X6), serta variabel terikat kepuasan
pelanggan (Y).
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi
yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pelanggan yang pernah berkunjung ke
Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak, dengan sampel penelitian 96
partisipan. Teknik sampling yang digunakan oleh peneliti adalah non probability
sampling yaitu purposive sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan bantuan program perangkat lunak SPSS.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bukti fisik, kehandalan, daya tanggap,
jaminan, empati dan persepsi harga berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di
Belimbing Resto dan Cafe Kabupaten Demak. Hal itu dibuktikan dengan variabel
bukti fisik (X1) memiliki nilai thitung 2,260, kehandalan (X2) 2,808, daya tanggap
(X3) 2,263, jaminan (X4) 2,057, empati (X5) 2,140 dan persepsi harga (X6) 2,130
lebih besar dari ttabel 1,662. Selain itu nilai signifikansi variabel bukti fisik (X1)
0,026, kehandalan (X2) 0,006, daya tanggap (X3) 0,026, jaminan (X4) 0,042,
empati (X5) 0,035 dan persepsi harga (X6) 0,036 lebih kecil dari level of
significance (α = 0,05) yang berarti H1,H2,H3,H4,H5 dan H6 diterima dan
berpengaruh dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Belimbing Resto dan
Cafe Kabupaten Demak.
Pada uji F dibuktikan dengan nilai Fhitung 115,974 dengan nilai Ftabel 2,20.
Selain itu nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 maka H7 diterima
dan secara bersama-sama variabel bebas mempengaruhi kepuasan pelangan dengan
presentase 88,7 % dilihat dari nilai R squere.
Kata Kunci : kualitas pelayanan, persepsi harga, kepuasan pelanggan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:05
Last Modified: 16 Jan 2024 08:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1097

Actions (login required)

View Item
View Item