ANALISIS NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI “UPIN & IPIN” EPISODE IKHLAS DARI HATI

KURDI, KURDI (2023) ANALISIS NILAI – NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI “UPIN & IPIN” EPISODE IKHLAS DARI HATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KURDI 21126011.pdf] Text
KURDI 21126011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

KURDI. NPM 21126011. “ANALISIS NILAI – NILAI PENDIDIKAN
KARAKTER DALAM SERIAL FILM ANIMASI “UPIN & IPIN” EPISODE
IKHLAS DARI HATI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Mei
Fita Asri, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Muhammad Arief Budiman, M.M.,
M.Hum 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah semakin merosotnya
karakter yang dimiliki oleh anak – anak bangsa sekarang. Langkah – langkah
alternatif untuk mengatasi kemrosotan karakter yaitu dengan menggunakan media
film. Tayangan televisi adalah salah satu aspek yang mempengaruhi pendidikan
karakter. Salah satu animasi film yang dijadikan objek adalah serial film kartun
Upin dan Ipin.
Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah nilai – nilai pendidikan
karakter yang terkandung dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya
dengan pendidikan karakter. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui nilai –
nilai pendidikan karakter dalam serial kartun Upin dan Ipin serta relevansinya
dengan pendidikan karakter .
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif.
Sumber data peneltian berasal dari serial film kartun Upin dan Ipin. Data yang
digunakan dalam penelitian adalah gambaran adegan dan tindakan yang
menggambarkan nilai – nilai pendidikan karakter pada serial kartun Upin dan Ipin.
Data tersebut diperoleh melalui observasi/pengamatan, wawancara, dokumentasi,
dan studi pustaka. Observasi/pengamatan dilakukan dengan mengamati secara
lebih mendalam seluruh gambaran adegan dan tindakan yang dilakukan para tokoh
serial film kartun Upin dan Ipin. Kegiatan wawancara dilakukan pada enam
narasumber, yaitu lima siswa sekolah dasar kelas IV, dan guru sekolah dasar.
Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan semua berkas yang berhubungan
dengan nilai karakter pada serial film kartun Upin dan Ipin. Studi pustaka
diperoleh dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber pustaka
diantaranya untuk mengetahui nilai – nilai pendidikan karakter, peneliti
mengumpulkan data dari beberapa buku pendidikan karakter.
Hasil penelitian adalah serial film kartun Upin dan Ipin mengandung tujuh
nilai karakter, yaitu welas asih, peduli terhadap sesama, sopan santun, kreatif,
pantang menyerah, rela berkorban dan solidaritas. Ketujuh nilai karakter tersebut
relevansinya dalam serialfilm kartun Upin dan Ipin pada episode ikhlas dari hati.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut, saran yang dapat disampaikan adalah
agar serial film kartun Upin dan Ipin dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk
mengenalkan dan menanamkan nilai – nilai pendidikan karakter pada anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 08:01
Last Modified: 16 Jan 2024 08:01
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1096

Actions (login required)

View Item
View Item