PENGARUH PERMAINAN RAMBO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG KELAS V DI SD NEGERI 2 GELANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA

Kismanto, Kismanto (2023) PENGARUH PERMAINAN RAMBO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN SENAM LANTAI KAYANG KELAS V DI SD NEGERI 2 GELANG KECAMATAN RAKIT KABUPATEN BANJARNEGARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Kismanto 21236025.pdf] Text
Kismanto 21236025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Kismanto “Pengaruh Permainan Rambo Untuk Meningkatkan Kemampuan
Pembelajaran Senam Lantai Kayang Kelas V di SD Negeri 2 Gelang Kecamatan
Rakit Kabupaten Banjarnegara”, Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan
Rekreasi Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan,
Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa tentang
proses pembelajaran senam lantai, yang disebabkan karena dalam kegiatan
pembelajaran siswa takut mengalami cedera, siswa ragu bahkan sering berkata tidak
bias sebelum melakukan gerakan kayang, siswa diliputi rasa tegang yang
berpengaruh pada kelenturan tubuh mereka, ketidaknyamanan membuat tubuh kaku
saat melakukan kayang. Tujuan penelitian ini untuk pendekatan bermain “Rambo”
pada siswa kelas V di SD Negeri 2 Gelang Kecamatan Rakit Kabupaten
Banjarnegara Tahun Ajaran 2022/2023 dapat diperbaiki dan meningkatkan hasil
belajar siswa.
Metode penelitian ini dengan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian yang mencakup kegiatan
perencanaan, tindakan, observasi, refleksi atau evaluasi. Keempat bagian ini
berlangsung secara berulang dalam bentuk siklus. Penelitian ini dilakukan dengan
cara berkolaborasi dengan guru SD Negeri 2 Badamita Kecamatan Rakit Kabupaten
Banjarnegara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan permainan
“Rambo” pada materi kayang dapat meningkatkan hasil ketuntasan belajar siswa,
karena dengan metode tersebut siswa lebih mudah menerima materi yang diajarkan,
hal ini dibuktikan dengan hasil ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran awal
siklus I 33,30% meningkat menjadi 62,50% dan meningkat kembali menjadi
91,70% pada siklus II.
Kata Kunci: Senam Lantai Kayang, Permainan “Rambo”, Ketuntasan Belajar
Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:59
Last Modified: 16 Jan 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1093

Actions (login required)

View Item
View Item