IMPLEMENTASI KEBINEKAAN GLOBAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KESATRIAN 2 SEMARANG

Ferdani, Jelinshi Nofelantina (2023) IMPLEMENTASI KEBINEKAAN GLOBAL DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KESATRIAN 2 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JELINSHI NOFELANTINA FERDANI 19210022.pdf] Text
JELINSHI NOFELANTINA FERDANI 19210022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kebinekaan global merupakan salah satu dimensi profil pelajar Pancasila yang
akan ditumbuhkan pada generasi muda era globalisasi, sekaligus menjadi salah satu
visi yang tertuang dalam rencana strategis Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset
dan teknologi Republik Indonesia (Kemendibudristek). Dimensi ini merupakan hal
baru yang sebelumnya belum ada dalam penguatan pendidikan karakter. SMA
Kesatrian 2 Semarang yang sudah menerapkan kurikulum merdeka mengambil
langkah melaksanakan dimensi kebinekaan global, karena mendukung salah satu misi
sekolah yaitu terwujudnya lulusan yang beriman dan takwa, berbudi pekerti luhur,
berwawasan IPTEK, dan unggul dalam persaingan global.
Penelitian ini dirancang dengan metode Deskriptif Kualitatif. Penentuan subjek
dilakukan dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling, yaitu siswa
SMA Kesatrian 2 Semarang. Data dianalisis menggunakan model interaktif dari Miles
dan Huberman meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta
kesimpulan. Sedangkan, keabsahan data menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian, yakni SMA Kesatrian 2 Semarang telah melaksanakan
kebinekaan global dengan mengacu pada buku panduan elektronik yang dikeluarkan
oleh Kemendikbudristek serta didukung oleh salah satu strategi pelaksanaan
kebinekaan global yaitu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Temuan
penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan kebinekaan global dengan
mengintegrasikan elemen dan sub elemen kebinekaan global dalam mata pelajaran
cukup efisien tetapi belum sepenuhnya elemen diterapkan, ada satu elemen yang
belum sempurna yaitu berkeadilan sosial dan strategi yang diterapkan hanya satu dari
empat yang cukup efisien meskipun belum secara maksimal dan masih harus di
pelajari lebih lanjut.
Kata kunci: Implementasi, Kebinekaan Global, Profil Pelajar Pancasila

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:54
Last Modified: 16 Jan 2024 07:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1087

Actions (login required)

View Item
View Item