PROFIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG YANG DITINJAU DARI POTENSI STEAM

Herawati, Isabel (2023) PROFIL IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA KESATRIAN 1 SEMARANG YANG DITINJAU DARI POTENSI STEAM. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISABEL HERAWATI 19320011.pdf] Text
ISABEL HERAWATI 19320011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil implementasi kurikulum
merdeka dan pendekatan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art and
Mathematic) pada materi perubahan lingkungan di SMA Kesatrian 1 Semarang
untuk mengatasi krisis pembelajaran dan loss learning pada abad 21. Jenis
penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian
ini adalah siswa kelas X dan guru di SMA Kesatrian 1 Semarang. Sampel adalah
siswa kelas X4 dan guru yang mengajar siswa kelas X4 di SMA Kesatrian 1
Semarang. Pengambilan sampling dengan teknik Purposive Sampling. Instrument
dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar angket, lembar wawancara
dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan metode
yang dikemukakan oleh Miles Huberman dan teknik keabsahan data
menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan jika
SMA Kesatrian 1 Semarang telah menerapakan kurikulum merdeka dan telah
berpotensi untuk menerapkan pendekatan STEAM pada pembelajaran biologi.
Namun, perlu memaksimalkan perangakat ajar dan perangkat pembelajaran yang
mendukung pembelajaran proyek.
Kata Kunci : Kurikulum merdeka, STEAM, SMA Kesatrian 1 Semarang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:49
Last Modified: 16 Jan 2024 07:49
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1083

Actions (login required)

View Item
View Item