PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 REMBANG

NINGRUM, KARTIKASARI RATNA (2023) PENGARUH KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of KARTIKASARI RATNA NINGRUM 18210021.pdf] Text
KARTIKASARI RATNA NINGRUM 18210021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Kartikasari Ratna Ningrum, NPM 18210021. “Pengaruh Kreativitas
Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Terhadap Partisipasi Belajar
Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Rembang”. Fakultas
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI
Semarang.
Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya beberapa bentuk
kreativitas guru yang belum maksimal terhadap partisipasi belajar siswa, dan
beberapa faktor yang menyebabkan kurangnya partisipasi siswa dalam belajar.
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pengaruh kreativitas guru
PPKn terhadap partisipasi belajar siswa dan bagaimana bentuk kreativitas guru
PPKn terhadap partisipasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui adanya pengaruh kreativitas guru terhadap partisipasi belajar siswa
dan bentuk kreativitas guru PPKn.
Jenis penelitian ini adalah penelitian survey, metode yang digunakan
adalah kuantitatif. Populasi pada penelitain ini berjumlah sebanyak 387 siswa
dengan jumlah sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling.Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah
menggunakan uji validitas, uji regresi, dan menggunakan rumus analisi regresi
linier sederhana.
Hasil penelitian ini adalah menunjukan kreativitas guru PPKn memiliki
pegaruh terhadap partisipasi belajar siswa. Bahwa ada pengaruh kreativitas guru
PPKn terhadap partisipasi belajar siswa sebesar 28,8%. Artinya partisipasi belajar
dapat meningkat karena bentuk dari kreativitas yang diciptakan guru PPKn. Hal
ini kemudian yang dapat menjawab hipotesis dalam penelitian ini yaitu adakah
pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap Partsisipasi belajar sisiwa di SMAN 2
Rembang dapat diterima.
Simpulan dari penelitian ini bentuk kreativitas guru PPKn turut
mempengaruhi terhadap partisipasi belajar siswa. Terbukti dari besarnya
perolehan skor kreativitas guru PPKn maka semakin guru dapat menciptakan hal
baru atau mengembangkan ide kreativitasnya akan meningkatkan pula partisipasi
belajar siswa dan pengaruh kreativitas guru PPKn terhadap partisipasi belajar
siswa sebesar 28,8%. Saran dalam penelitian siswa diharapakan dapat
meningkatakan kembali partisipasinya dalam belajar terutama pada keaktifan
dalam menjawab dan bertanya ketika di kelas agar dapat mendapatkan hasil
belajar yang maksimal. Guru PPKn diharapkan dapat lebih maksimal kembali
dalam meningkatkan kreativitasnya agar dapat menciptakan suasana belajar yang
menyenangkan dan menarik partisipasi belajar siswa. Terutama dapat mengolah
pembelajaran agar menarik perhatian siswa dan membuat kelas nyaman sehingga
siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan baik.
Kata Kunci: kreativitas guru, partisipasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:43
Last Modified: 16 Jan 2024 07:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1080

Actions (login required)

View Item
View Item