Dewi, Jihan Nadhifa (2023) PENGEMBANGAN ASSESSMENT TEST BERBASIS STEM PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM UNTUK SISWA SD FASE B. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
JIHAN NADHIFA DEWI 19120239.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
JIHAN NADHIFA DEWI. NPM 19120239. Pengembangan Assessment Test
Berbasis STEM Pada Materi Sumber Daya Alam Untuk Siswa SD Fase B.
Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2023. Dosen Pembimbing I Dr. Siti Patonah, M.Pd. dan Dosen
Pembimbing II Sukamto, S. Pd., M.Pd.
Kegiatan penelitian dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan wawancara.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan dengan pendidik, diperoleh
informasi bahwa implementasi kurikulum merdeka belum sepenuhnya dilakukan.
Guru pada umumnya belum memahami cara mengimplementasikan kurikulum
merdeka dengan semestinya. Kurikulum merdeka memberi kebebasan pada siswa
untuk lebih maksimal agar siswa memiliki cukup waktu untuk memahami konsep
dan memperkuat potensi yang dimiliki.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan
assessment test berbasis STEM dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa
SD pada fase B? (2) Bagaimana kelayakan assessment test berbasis STEM untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis siswa pada materi sumber daya alam?.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan soal berbasis STEM untuk
mengukur keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sumber daya alam,
sebagai asesmen awal untuk siswa SD fase B mata pelajaran IPAS.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D)
dengan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahap Analysis (analisis),
Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi),
dan Evaluations (evaluasi). Uji coba dilakukan pada siswa SD N Kalicari 02 dan
SD N Rejosari 02 dengan jumlah siswa 258 orang yang terdiri dari 126 siswa laki�laki dan 132 siswa perempuan, menggunakan convenience sampling. Teknik
analisis validasi dan reliabiltas butir soal menggunakan indeks Aiken dan RASCH
Model. Hasil penelitian menunjukkan seluruh butir soal memiliki kategori
validitas tinggi untuk indeks Aiken (0.77-0.86). Sedangkan berdasarkan analisis
Rasch Model diperoleh nilai measure -0.82-0.69, nilai SE Mean 0.13-0.17, nilai Outfit MNSQ 0.86-1.12, nilai Outfit ZSTD -1.7-1.6 dari semua hasil yang
diperoleh menunjukkan bahwa item butir soal dinyatakan diterima atau valid.
Sedangkan pada nilai PT Mean Core memperoleh hasil 0.45-0.62 yang berarti 13
butir soal dinyatakan diterima dan 1 butir soal yang ditolak dengan nilai 0.38.
Nilai dari reliabilitas item yakni 0.89 dan nilai reliabilitas person 0.68.
Hasil penelitian menyatakan bahwa 14 butir soal yang dikembangkan
dapat digunakan sebagai asesmen awal pada mata pelajaran IPAS. Sehingga dapat
dijadikan sebagai pengukur keterampilan berpikir kritis siswa SD fase B pada
materi sumber daya alam
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 07:41 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 07:41 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1079 |