PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMP N 37 SEMARANG

ARSITA, JESIKA NINDI (2023) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL DI SMP N 37 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of JESIKA NINDI ARSITA 19110082.pdf] Text
JESIKA NINDI ARSITA 19110082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

JESIKA NINDI ARSITA. NPM 19110082. “Pengaruh Layanan Bimbingan
Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Komunikasi Interpersonal Di
SMP N 37 Semarang”. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas
Ilmu Pendidikan Universias PGRI Semarang. Pembimbing I Siti Fitriana, S.Pd,
M.Pd, Kons. dan Pembimbing II Dr.Chr.Argo Widiharto,S.Psi.,M.Si. 2023.
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil wawancara dan observasi kepada
guru bk, wali kelas, ketua kelas. Banyaknya siswa yang mengalami permasalahan
komunikasi interpersonal yang ditandai dengan ditandai dengan banyaknya siswa
tidak adanya respon di Whatsapp, tidak memiliki rasa empati dan simpati, tidak
saling mendukung antar teman tetapi saling menjatuhkan, saling canggung, dan
menjadi pasif di kelas sehingga susah untuk terbuka juga, bermain media sosial
ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung dikelas dan ketika diajak bicara
guru siswa cenderung cuek dan tidak peduli. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik
sosiodrama terhadap komunikasi interpersonal di SMP N 37 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitaif. Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian one
group pretest-postest. Populasi penelitian ini adalah kelas VIII E SMP N 37
Semarang. Sampel yang diambil 10 siswa dengan teknik purposive sampling.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui skala psikologis.
Uji Paired Sample T test menunjukkan angka yang disignifikan anara nilai
pre test dan pos test dengan nilai signifikan (2-tailed) p= 0,000 < 0,05 dengan
demikian Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti “ada pengaruh layanan
bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap komunikasi
interpersonal di SMP N 37 Semarang”.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu
layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat digunakan guru
BK untuk meningkatkan komunikasi interpersonal siswa.
Kata Kunci : Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Komunikasi Interpersonal

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:21
Last Modified: 16 Jan 2024 07:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item
View Item