IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PERALIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMP DAN MTS SE KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL

Nugroho, Imam Agus (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PJOK PADA MASA PERALIHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) KE PEMBELAJARAN TATAP MUKA (PTM) DI SMP DAN MTS SE KECAMATAN SINGOROJO KABUPATEN KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Imam Agus Nugroho 16230206.pdf] Text
Imam Agus Nugroho 16230206.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Imam Agus Nugroho “Implementasi Pembelajaran PJOK Pada Masa
Peralihan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) ke Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di
SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo Kabupaten Kendal”, Progam Studi
Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Pendidikan Ilmu
Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2023.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan implementasi
pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari Pembelajaran Jarak Jauh ke
pembelajaran Tatap Muka saat mewawancarai 3 guru PJOK di Kecamatan
Singorojo. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mengetahui bagaimana
implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan pembelajaran jarak jauh
(PJJ) ke pembelajaran tatap muka (PTM) di SMP dan MTs se Kecamatan
Singorojo.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian survei, sedangkan
pengumpulan datanya menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini
berjumlah 11 guru mata pelajaran PJOK SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo
dengan menggunakan teknik total sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu
seluruh guru mata pelajaran PJOK SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo.
Instrumen dalam penelitian ini berupa kuesioner yang berisi 33 pertanyaan.
Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan data
presentase.
Hasil penelitian implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari
pembelajaran jarak jauh ke pembelajaran tatap muka di SMP dan MTs se
Kecamatan Singorojo dengan diukur menggunakan angket yang terdiri dari 33
butir pernyataan dan diisi oleh 11 responden. Hasil statistik data penelitian yang
diperoleh yaitu mean 115.73, median 119, modus 109, skor maksimum 126, skor
minimum 107, dan standard deviasi 7.086
Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan disimpulkan bahwa
implementasi pembelajaran PJOK pada masa peralihan dari pembelajaran jarak
jauh ke pembelajaran tatap muka di SMP dan MTs se Kecamatan Singorojo
diperoleh kategori sangat baik 10 orang dengan persentasi 90.9%, kategori baik 1
orang dengan persentase 9.1%, kategori kurang baik 0 orang dengan persentase 0%,
dan kategori tidak baik 0 orang dengan persentase 0%.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran PJOK, Masa Peralihan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:21
Last Modified: 16 Jan 2024 07:21
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1063

Actions (login required)

View Item
View Item