IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ZOO BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Amali, Ilhamsa Khoirul (2023) IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN ZOO BERBASIS STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINERING, ART, AND MATHEMATIC) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ILHAMSA KHOIRUL AMALI 19120243.pdf] Text
ILHAMSA KHOIRUL AMALI 19120243.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ilhamsa Khoieul Amali NPM 19120243. “Implementasi Media Pembelajaran
Zoo Berbasis STEAM (Science, Technology, Enginering, Art, And Mathematic)
Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar”.
Skripsi Program Stusi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah 1) Rendahnya
penggunaan media pembelajaran berbasis STEAM di sekolah dasar. Hal tersebut
disebabkan oleh kurangnya pemahaman guru tentang STEAM. 2) Rendahnya
keaktifan siswa dalam kegiatan tanya jawab sehingga siswa kesulitan dalam
belajar. 3) Rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan karena keaktifan
belajar siswa yang rendah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1)
Bagaimana media pembelajaran ZOO berbasis STEAM terhadap keaktifan belajar
siswa? 2) Bagaimana media pembelajaran ZOO berbasis STEAM terhadap
prestasi belajar siswa? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
mendeskripsikan pengaruh media pembelajaran ZOO berbasis STEAM pada
keaktifan belajar dan prestasi belajar siswa sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dalam bentuk one groub
pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD
Negeri Rejosari 02 Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Sampel yang diambil
adalah 23 siswa kelas 1A, data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket,
wawancara, dan observasi.
Hasil analisis data keaktifan belajar dan prestasi belajar pada uji paired
samples t-test menunjukan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Pada uji N�Gain Score keaktifan belajar diperoleh rata-rata N-Gain Score 0,7029 dan prestasi
belajar diperoleh rata-rata N-Gain Score sebesar 0,3894. Kesimpulannya bahwa
media pembelajaran zoo berbasis STEAM dapat meningkatkan keaktifan dengan
kategori tinggi dan prestasi belajar dengan kategori sedang pada siswa sekolah
dasar.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran zoo
berbasis STEAM berpengaruh dan perbedaan yang signifikan terhadap keaktifan
belajar dan prestasi belajar siswa kelas 1A SD Negeri Rejosari 02 melalui
percobaan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat
sampaikan adalah media pembelajaran zoo berbasis STEAM dapat digunakan
sevagai salah satu alternatif guru dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:15
Last Modified: 16 Jan 2024 07:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1057

Actions (login required)

View Item
View Item