EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 PEGANDON

Ilham, Isti Fahrurrozi Muhammad (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF CONTROL UNTUK MENGURANGI INTENSITAS PENGGUNAAN GAME ONLINE PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP N 2 PEGANDON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Isti Fahrurrozi Muhammad Ilham 17110075.pdf] Text
Isti Fahrurrozi Muhammad Ilham 17110075.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ISTI FAHRURROZI MUHAMMAD ILHAM. NPM 17110075. Efektivitas
Layanan Bimbingan Kelompok menggunakan Teknik Self Control untuk
mengurangi Intensitas Penggunaan Permainan dalam Jaringan (Game online) pada
Peserta Didik Kelas VIII F di SMPN 2 Pegandon Kendal”. Skripsi. Prodi
Bimbingan dan Konseling FIP Universitas PGRI Semarang. 2023.
Latar belakang rendahnya pengendalian diri, kurang fokus belajar, sering
absen pembelajaran yang diakibatkan sering bermain game secara berlebihan.
Permasalahan bagaimana, (1) proses layanan bimbingan kelompok dengan
Self Control, (2) dampak penerapan layanan bimbingan kelompok menggunakan
teknik Self Control untuk mengurangi intensitas penggunaanpermainan game
online.
Jenis penelitian pre-experimental designs. Metode pre-experimental design
tipe one group pretest-posttest. Tempat SMPN 2 Pegandon Kendal. Teknik
samplingpurposive sample, 30 siswa kelas VIII F. Teknik pengumpulan data,
observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data;
deskriptif, dan analisis statistik.
Hasil (1) prosedur layanan pendahuluan, inti, dan penutup. siswa bermain
game pada usia 6-12 tahun, durasi bermain game 31 – 56 jam per minggu, (2)
kondisi awal 63.3% tidak mampu mengontrol diri, setelah dilaksanakan Self
Control 66.7% mampu mengontrol penggunaan game online.
Saran: Faktor penyebab ketagihan dimunculkan sebagai objek penelitian
berikutnya, (2) analisis dilakukan perdimensi, (3) layanan bimbingan digabung
dengan strategi lain.
Kata Kunci: Game online, Self Control.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 07:00
Last Modified: 16 Jan 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1044

Actions (login required)

View Item
View Item