PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 2 TUBANAN JEPARA

MARDIANA, ARNI KRISTYA (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR DIGITAL PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROFIL PELAJAR PANCASILA KELAS V SDN 2 TUBANAN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ARNI KRISTYA MARDIANA 18120034.pdf] Text
ARNI KRISTYA MARDIANA 18120034.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah Kurangnya media
pembelajaran yang dignakan pada proes pembelajaran, kurangnya fasilitas yang
tepat untuk mendukung proses pembelajaran agar dapat menunjang hasil belajar
peserta didik di sekolah. Tidak hanya itu, kurangnya antusias peserta didik dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya pada materi nilai-nilai Pancasila,
serta perlunya inovasi media pembelajaran untuk membantu peserta didik dalam
memahami materi tanpa merasakan bosan saat proses pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan Research and
Development (RnD) dengan berdasarkan langkah-langkah penelitian menurut
Borg and Gall. Penelitian dilakukan kepada peserta didik kelas V SDN 2 Tubanan
Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara ajaran 2022/2023 dengan jumlah 24
siswa dengan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara,
angket, serta dokumentasi.
Berdasarkan presentase validasi ahli media I dengan hasil sebesar 96,2%,
validasi ahli media II dengan hasil sebesar 98,7%, validasi ahli materi I dengan
hasil sebesar 88,2%, validasi ahli materi II dengan hasil sebesar 93,6%, validasi
ahli materi II dengan hasil sebesar 97,9%, validasi ahli materi II dengan hasil
sebesar 95,8%, analisis presentase respon peserta didik sebesar 85,31%, dan
analisis presentase respon guru kelas V sebesar 92,5%. Bahan ajar digital
memudahkan peserta didik dalam pemahaman materi, membuat penyampaian
materi lebih terkesan menarik dan membantu pengkondisian kelas pada saat
proses pembelajran berlangsung. Hal tersebut sejalan dengan yang disampaikan
oleh Sanjaya (2013: 132) bahwa pembelajaran berpusat pada potensi,
perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya.
Berdasarkan dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar
digital yang dikembangkan pada penelitian ini mengacu pada penelitian dan
pengembangan oleh Borg and Gall yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan,
kemudian bahan ajar digital layak digunakan dalam proses pembelajaran
Pendidikan Pancasila pada materi nilai-nilai Pancasila. Hal ini ditunjukan dengan
meningkatnya pemahaman serta semangat peserta didik dalam pembelajaran
Pendidikan Pancasila, pada materi nilai-nilai Pancasila. Saran yang dapat
disampaikan adalah agar bahan ajar digital dapat digunakan dan diterapkan
sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang dapat menunjang proses
pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:59
Last Modified: 16 Jan 2024 06:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1042

Actions (login required)

View Item
View Item