PENGEMBANGAN MEDIA POLIS (POHON LITERASI) PADA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITARKU SISWA KELAS II SDN SERUTSADANG KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI

Ningsih, Heti Puspita (2023) PENGEMBANGAN MEDIA POLIS (POHON LITERASI) PADA TEMA 6 MERAWAT HEWAN DAN TUMBUHAN SUBTEMA 1 HEWAN DI SEKITARKU SISWA KELAS II SDN SERUTSADANG KECAMATAN WINONG KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HETI PUSPITA NINGSIH 19120391.pdf] Text
HETI PUSPITA NINGSIH 19120391.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

HETI PUSPITA NINGSIH, NPM 19120391. “Pengembangan Media POLIS
(Pohon Literasi) Pada Tema 6 Merawat Hewan Dan Tumbuhan Subtema 1 Hewan
Di Sekitarku Siswa Kelas II SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten
Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2023
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa belum terlihat
memanfaatkan sumber belajar dan sarana belajar seperti buku dan pelajaran
dengan optimal, siswa lebih senang bermain hp dari pada membaca buku. Upaya
untuk memecahkan permasalahan tersebut adalah pengembangan media POLIS
(Pohon Literasi) pada tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di
sekitarku kelas II.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kevalidan dan
kepraktisan pengembangan media POLIS (Pohon Literasi) pada tema 6 merawat
hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku praktis digunakan untuk
siswa kelas II SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten Pati?. penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui kepraktisan media POLIS (Pohon Literasi) pada
tema 6 merawat hewan dan tumbuhan subtema 1 hewan di sekitarku siswa kelas II
SDN Serutsadang Kecamatan Winong Kabupaten Pati tahun ajaran 2022/2023.
Jenis penelitian pengembangan (R&D) Peneliti hanya menggunakan
sampai tahap uji kepraktisan media POLIS (Pohon Literasi) yaitu (research and
information collecting), tahap planning menyusun rencana penelitian, peneliti
menggunakan media POLIS (Pohon Literasi). Tahap ketiga yaitu (develop
preliminary form of product) pengembangan bahan pembelajaran Produk media
pembelajaran pohon literasi (POLIS). Tahap keempat yaitu (preliminary field
testing). Tahap terakhir yaitu revisi produk.
Berdasarkan analisis yang dilakukan, diperoleh hasil rata-rata penilaian
yang diperoleh dari ahli model 100%, 98,9%, dan 98,9% dengan kategori “sangat
layak”. Dan hasil rata-rata penilaian yang diperoleh dari ahli materi yaitu 1oo%,
98,6%, dan 98,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil angket tanggapan guru
memperoleh 98,6% dengan kategori “sangat layak”. Hasil dari respon siswa
memperoleh 85,22% dengan kategori “sangat layak”. Dan lember observasi
memperoleh hasil 89% dengan kategori “sangat layak” berdasarkan hasil tersebut,
dapat diketahui bahwa media POLIS (Pohon Literasi) untuk mengembangkan
literasi bagi peserta didik praktis di gunakan untuk kelas II SDN Serutsadang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:57
Last Modified: 16 Jan 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1041

Actions (login required)

View Item
View Item