HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SDN KETAWANG 2 KABUPATEN MAGELANG

PUTRI, ISROVIANA ARDANI (2023) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA KELAS III SDN KETAWANG 2 KABUPATEN MAGELANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ISROVIANA ARDANI PUTRI 19120351.pdf] Text
ISROVIANA ARDANI PUTRI 19120351.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ISROVIANA ARDANI PUTRI, NPM 19120351. “Hubungan Motivasi
Belajar Matematika dan Kemampuan Numerasi Siswa Kelas III SDN Ketawang 2
Kabupaten Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing I, Dr.
Kartinah, S.Si.,M.Pd. Dosen Pembimbing II, Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
Latar belakang dalam penelitian diketahui berdasarkan observasi,
wawancara yaitu sebagian siswa kurang terampil dalam operasi hitung bilangan,
sehingga mengalami kesulitan dalam menghitung, anggapan siswa bahwa
matematika adalah pelajaran sulit, dan kurangnya semangat siswa dalam belajar
matematika.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana motivasi belajar
matematika pada siswa kelas III SDN Ketawang 2, bagaimana kemampuan
numerasi pada siswa Kelas III SDN Ketawang 2, dan apakah ada hubungan antara
motivasi belajar matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN
Ketawang 2 Kabupaten Magelang. Tujuan dari peneitian ini adalah untuk
mengetahui motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SDN Ketawang 2
Kabupaten Magelang, untuk mengetahui kemampuan numerasi pada siswa kelas
III SDN Ketawang 2 Kabupaten Magelang, dan untuk mengetahui hubungan
motivasi belajar matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III di SDN
Ketawang 2 Kabupaten Magelang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
korelasional. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas III SDN Ketawang 02.
Sampel yang diambil adalah siswa kelas III SDN Ketawang 02 dengan
mengunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh dari
observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data penelitian, setelah melakukan pengamatan
menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika pada siswa kelas III SD Negeri
Ketawang 2 berada pada kategori sedang. Kemampuan numerasi siswa berada
pada predikat B (baik). Dan ada hubungan yang signifikan antara motivasi belajar
matematika dan kemampuan numerasi siswa kelas III SDN Ketawang 2.
Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya para siswa selalu
memiliki motivasi belajar pada semua mata pelajaran khususnya matematika serta
guru dan orang tua serta sekolah hendaknya senantiasa membantu siswa dengan
memberikan motivasi belajar ekstrinsik untuk membantu meningkatkan prestasi
belajar.
Kata kunci : Motivasi Belajar Matematika, Kemampuan Numerasi, Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:57
Last Modified: 16 Jan 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1040

Actions (login required)

View Item
View Item