PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KREATIF DI SD NEGERI 01 TEGALWERO

Perwitasari, Hesti (2023) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBdP) DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER KERJASAMA DAN KREATIF DI SD NEGERI 01 TEGALWERO. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HESTI PERWITASARI 16120151.pdf] Text
HESTI PERWITASARI 16120151.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

HESTI PERWITASARI. NPM 16120151. “Pelaksanaan Pembelajaran Seni
Budaya dan Prakarya (SBdP) dalam Pembentukan Karakter Kerjasama dan
Kreatif di SD Negeri 01 Tegalwero”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Filia Prima A., S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Rofian, S.Pd.,
M.Pd., Agustus, 2023.
Kerjasama adalah aktivitas yang dikerjakan bersama demi memperoleh
manfaat yang juga bisa dirasakan bersama. Pembelajaran dengan kerjasama dan
kreatif akan memberikan landasan bagaimana siswa dapat sukses belajar bersama
orang lain. Salah satu strategi implementasi karakter kerjasama dan kreatif adalah
melalui integrasi dengan mata pelajaran SBDP.
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu pembelajaran SBdP dapat
membentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa. Tujuan penelitian ini adalah
untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran SBdP dalam membentuk
karakter kerjasama dan kreatif siswa di SD Negeri 01 Tegalwero; (2)
mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa dalam pembelajaran
SBdP di SD Negeri 01 Tegalwero.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi SD
Negeri 01 Tegalwero. Sampel dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
dan siswa kelas III SD Negeri 01 Tegalwero. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan
lapangan. Analisis data dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran SBdP di
SD Negeri 01 Tegalwero berada dalam kategori baik. Pembelajaran SBdP
dilaksanakan dengan tahapan pembelajaran yang meliputi kegiatan pra, awal, inti,
dan akhir pembelajaran serta didukung komponen pembelajaran yang meliputi
tujuan, materi, metode, dan media. Bentuk karakter kerjasama dan kreatif siswa
dalam pembelajaran SBdP berada dalam kategori sangat baik. Dalam
pembelajaran SBdP, guru melakukan pembiasaan sikap-sikap positif yang
mencerminkan karakter kerjasama dan kreatif. Siswa saling menghargai hasil
karya yang ditampilkan, siswa menampilkan hasil karya sesuai giliran, siswa
dapat berbagi tugas sesuai tanggung jawab, siswa mau berpartisipasi dalam
menyelesaikan tugas, siswa saling berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan
saling berupaya untuk menghindari terjadinya konflik.
Simpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran SBdP dapat membentuk
karakter kerjasama dan kreatif siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu: (1) kepala
sekolah mendukung pelaksanaan pembelajaran SBdP dengan menyediakan sarana
dan prasarana yang lengkap dan layak digunakan; (2) guru melaksanakan
pembelajaran SBdP yang lebih bervariasi dan menyenangkan; (3) siswa dapat
bekerjasama dan kreatif dengan baik dalam pembelajaran SBdP.
Kata kunci: Pembelajaran SBdP, karakter kerjasama, kreatif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:54
Last Modified: 16 Jan 2024 06:54
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1038

Actions (login required)

View Item
View Item