ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 KUNDEN TAHUN AJARAN 2022/2023 KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA

SANKI, HERLAKSONO ADITYA (2023) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN 2 KUNDEN TAHUN AJARAN 2022/2023 KECAMATAN BLORA KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HERLAKSONO ADITYA SANKI 19120199.pdf] Text
HERLAKSONO ADITYA SANKI 19120199.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas
IV dalam pembelajaran bahasa indonesia. Hal ini disebabkan minimnya minat
guru untuk mengembangkan diri, selain itu yang menjadi penyebab kesulitan
belajarnya yaitu rendahnya pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar
mengajar.
Permasalahan pada penelitian ini adalah 1). Adakah kesulitan belajar siswa
kelas IV dalam mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden ? 2). Apa
faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran
bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa kelas IV dalam
mata pelajaran bahasa Indonesia di SD N 2 Kunden dan untuk mengetahui faktor
yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa kelas IV dalam mata pelajaran bahasa
Indonesia di SD N 2 Kunden.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif jenis deskriptif.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 2 Kunden kabupaten
Blora. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 12 siswa dengan
menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket
dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang
dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan belajar yang dialami peserta
didik masih cukup tinggi. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya dan juga
parahnya kesulitan belajar yang dialami. Parahnya kesulitan belajar dapat dilihat
dari kasus seorang siswa yang tidak bisa membaca di bangku sekolah yang
seharusnya dia sudah pandai membaca. Saat orang tuanya lengah atau sedang
bekerja mereka memilih untuk bermain. Pada sub indikator faktor alat pelajaran,
sebanyak 146 (100%) responden memilih jawaban “tidak” yang berarti bahwa
siswa kesulitan belajar karena guru Bahasa Indonesia tidak menggunakan alat-alat
pelajaran (sarana dan prasarana) saat pelajaran berlangsung. Rendahnya
pemusatan perhatian siswa ketika proses belajar mengajar bahasa Indonesia
berlangsung dan keterbatasan waktu proses belajar mengajar bahasa Indonesia
juga menjadi penyebab kesulitan belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD
Negeri Kunden.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan agar lebih
mengoptimalkan potensi siswa yang mengalami kesulitan belajar maupun tidak,
dengan memperbanyak media atau pembelajaran yang melibatkan kegiatan yang
menarik.
Kata kunci : kesulitan menyimak, pembelajaran bahasa indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:50
Last Modified: 16 Jan 2024 06:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1031

Actions (login required)

View Item
View Item