Hardiyanto, Hardiyanto (2023) “PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI TATA SURYA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KAHOOT SISWA KELAS VI SDN 9 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022”. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HARDIYANTO 20126042.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Hardiyanto, Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Tata Surya
Melalui Media Pembelajaran Permainan Kahoot Siswa Kelas VI SDN 9
Boyolali Tahun Pelajaran 2021/2022
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep tata
surya melalui media pembelajaran aplikasi Kahoot pada siswa kelas VI SDN 9
Boyolali 2021/2022. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus,
setiap siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Subjek dari penelitian ini adalah
guru kelas dan siswa kelas VI SDN 9 Boyolali 2021/2022yang berjumlah 38 siswa.
Penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi.
Analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data menggunakan validitas isi,
trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Data yang diperoleh penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman
konsep materi tata surya pada setiap siklus. Data dari hasil pratindakan yaitu sedikit
yang tuntas KKM, Pada Siklus I rerata kelas terjadi peningkatan menjadi 82,76
dengan ketuntasan klasikal 79 %, dan di siklus II rerata kelas meningkat lagi
menjadi 85,5 dengan ketuntasan klasikal 95 %.
Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa penerapan
media pembelajaran Kahoot dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep
tata surya pada siswa kelas VI SDN 9 Boyolali 2021/2022.
Kata kunci: kemampuan pemahaman konsep, tata surya, aplikasi Kahoot
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:49 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1029 |