Nugroho, Hanung Adi Setiyo (2023) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA FILIAL NEGERI 20 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HANUNG ADI SETIYO NUGROHO 19210054.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Hanung Adi Setiyo Nugroho. NPM 19210054. “Implementasi Profil Pelajar
Pancasila dalam Mengembangkan Keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah
Menegah Pertama Negeri 20 Filial Semarang”. Program Studi Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan
Keolahragaan, Universitas PGRI Semarang, 2019.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Keterampilan abad 21 yang sangat
dibutuhkan siswa dalam pengembangan kecakapan abad 21 melalui pembelajaran
Profil pelajar Pancasila di sekolah sesuai Permendikbud No. 22 Tahun 2020
mengenai implementasi Profil Pelajar Pancasila. Rumusan Masalah penelitian ini,
yaitu: Bagaimana implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Mengembangkan
keterampilan keterampilan Abad 21 Siswa di Sekolah Menengah Pertama SMP
Filial Negeri 20 Semarang Sedangkan Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
bagaimana pembentukan profil pelajar Pancasila di Sekolah Menengah Pertama
Negeri 20 Semarang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif
dengan Fokus penelitian adalah “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam
Mengembangkan Keterampilan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Filial Negeri
20 Semarang”. Penelitian Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data
adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan
pengumpulan data, reduksi data, penyajian, dan kesimpulan.
Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu, sebagai berikut: implementasi Profil
pelajar Pancasila dalam mengembangkan keterampilan abad 21 di Sekolah
Menengah Pertama Filial Negeri 20 Semarang sudah terlaksana dengan baik,
dengan menunjukkan bahwa Penerapan Profil pelajar Pancasila telah
mengembangkan keterampilan siswa abad 21 yakni keterampilan berpikir kritis
(critical thingking skills) keterampilan berpikir kreatif (creative thingking skills)
keterampilan berkomunikasi (communication skill) dan keterampilan kolaborasi
(collaboration skills) sehingga siswa mampu menemukan ide, gagasan, dan
menghasilkan karya baru. Dengan demikian Profil Pelajar Pancasila dapat
mewujudkan Keterampilan abad 21 Siswa.
Kata Kunci: Profil Pelajar Pancasila, Keterampilan Siswa, Keterampilan Abad 21.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Keolahragaan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:46 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1026 |