HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 2 KENDAL

DEVI, ISMALIA NADIYA (2023) HUBUNGAN SELF EFFICACY DENGAN PERILAKU MENYONTEK PADA SISWA SMA NEGERI 2 KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ismalia Nadiya Devi 18110070.pdf] Text
Ismalia Nadiya Devi 18110070.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ismalia Nadiya Devi. NPM 18110070. ―Hubungan Self Efficacy dengan Perilaku
Menyontek Pada Siswa SMA Negeri 2 Kendal‖. Skripsi. Program Studi
Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Dra. Tri Suyati, M.Pd., M.A. Primaningrum Dian. S.Psi., M.Psi. Psi. 2023.
Penelitian hubungan Self efficacy dengan perilaku menyontek pada siswa
dilatarbelakangi oleh bahwa siswa sering menyontek pada saat sedang ulangan
ataupun ujian berlangsung. Banyak cara yang digunakan peserta didik untuk
menyontek diantaranya mencari jawaban di internet, bertanya dengan teman dan
ada juga yang membuka catatan kecil. Alasan peserta didik menyontek adalah
karena materi yang kurang dipahami, tidak yakin dengan jawaban sendiri
sehingga bertanya dengan teman, takut mendapatkan hasil yang kurang maksimal
dan belajar dengan sistem kebut semalam atau bahkan belum belajar.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Metode penelitian ex
post facto dengan pendekatan korelasional. Populasi yang dipakai dalam
penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Kendal kelas XI. Yang digunakan
sebagai try out yaitu kelas XI IPS 3. Sedangkan sampel penelitian di kelas XI
MIPA 1, XI MIPA 3, XI MIPA 4, XI IPS 1 XI IPS 2 dan XI IPS 6. Sampling
yang digunakan adalah Teknik cluster random sampling.
Data penelitian ini diperoleh melalui skala self efficacy siswa dan skala
perilaku menyontek siswa. Hasil analisis korelasi antara self efficacy dengan
perilaku menyontek siswa ialah hubungan self efficacy dengan perilaku
menyontek siswa sebesar 0,729 berada pada hubungan yang kuat sehingga dapay
diambil kesimpulan bahwa Self Efficacy dengan perilaku menyontek memiliki
hubungan yang kuat.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengurangi perilaku menyontek siswa dan guru BK memberikan treatment atau
tindakan. Untuk dapat meningkatkan self efficacy siswa.
Kata Kunci: Self efficacy, Perilaku Menyontek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:44
Last Modified: 16 Jan 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1025

Actions (login required)

View Item
View Item