PENGARUH BELAJAR DARING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI NILAI TEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG

Pranstika, Hanreza Yuniari (2023) PENGARUH BELAJAR DARING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATERI NILAI TEMPAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SDN GAYAMSARI 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HANREZA YUNIARI PRANSTIKA 16120430.pdf] Text
HANREZA YUNIARI PRANSTIKA 16120430.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hanreza Yuniari Pranstika. NPM 16120430. “Pengaruh Belajar Daring
Berbasis Media Audio Visual Pada Materi Nilai Tempat Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I Fine Reffiane S.Pd., M.Pd. Pembimbing II. Filia Prima Artharina,
S.Pd., M.Pd. Juli 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah di sekolah dasar
masih banyak siswa yang menunjukkan bahwa masih rendahnya nilai materi nilai
tempat yang masih dibawah KKM 75. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
Bagaimana pengaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai
tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang? Tujuan yang
hendak di capai dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh pembelajaran
daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas
II SDN Gayamsari 01 Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan design
penelitian pre-experimental design dengan bentuk one-group pretest-posttest
design. Metode ini digunakan karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai tempat
terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01 Semarang. Prosedur
pengumpuan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi
Adapun hasil pembahasan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat
dilihat bahwa setelah dilakukan penghitungan L0 dan Ltabel kemudian dibandingkan
dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh bahwa pada kelas eksperimen L0 < Ltabel.
Dengan rincian untuk kelas eksperimen L0 sebesar 0,1780 < Ltabel 0,1981 dan
untuk kelas kontrol L0 sebesar 0,1410 < Ltabel 0,2088. Hal ini berarti sampel dari
kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji homogenitas
diperoleh diperoleh sebesar -55,981 dan sebesar 2,243. Karena < , maka H0
diterima. Penelitian ini dikatakan berhasil belajar karena siswa dapat memahami
materi yang disampaikan oleh guru melalui penjelasan materi secara bertahap,
siswa mampu pemahamannya sendiri melalui pemeroleh pengalaman yang baru
menggunakan model pembelajaran daring berbasis audio visual pada materi nilai
tempat
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa bahwa ada
pengaruh yang signifikan dari pegaruh pembelajaran daring berbasis audio visual
pada materi nilai tempat terhadap hasil belajar kelas II SDN Gayamsari 01
Semarang .
Kata Kunci : Pengaruh, Media Audi Visual, Nilai Tempat, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:43
Last Modified: 16 Jan 2024 06:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item
View Item