PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA N 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Maulana, Hamdi Bagas (2023) PENERAPAN MEDIA FILM DOKUMENTER DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X MA N 1 BREBES TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HAMDI BAGAS MAULANA 18410071.pdf] Text
HAMDI BAGAS MAULANA 18410071.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hamdi Bagas Maulana, FPBS UPGRIS 2023
Pembelajaran menulis teks puisi tentu diperlukan media penunjang untuk
menambah minat dan semangat peserta didik agar lebih memahami informasi
yang disampaikan oleh guru dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai yang
diharapkan. Maka dari itu, penelitian ni dilakukan dengan menggunakan media
film dokumenter. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan
model film dokumenter dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi pada
peserta didik kelas X MA N 1 Brebes tahun pelajaran 2022/2023.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan
data berupa observasi dan dokumentasi. Sebelum keanalisis data, dalam penelitian
ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel bebas dan terikat. Variabel bebas
berupa penerapan film dokumenter, sedangkan variabel terikat berupa
pembelajaran menulis teks puisi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik
tes dan teknik non tes. Kemudian analisis data dilakukan dengan menganalisis dan
mendeskripsikan tentang penggunaan media film dokumenter dalam pembelajaran
teks puisi. Penyajian hasil analisis data didapatkan dari data yang telah diperoleh.
Selanjutnya hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model film
dokumenter dapat diterapkan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks puisi
pada peserta didik kelas X MA N 1 Brebes tahun pelajaran 2022/2023.
Berdasarkan hasil kuesioner, peserta didik dapat megikuti dan memahami
pembelajaran dengan baik dan tentu tertarik menggunakan model pembelajaran
berupa film dokumenter. Dari film dokumenter tersebut juga membantu peserta
didik dalam menulis teks puisi. Selain itu, hasil observasi juga menunjukan
peserta didik aktif dan antusias bersemangat selama pembelajaran berlangsung.
Kata kunci: film dokumenter, menulis teks puisi, pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:37
Last Modified: 16 Jan 2024 06:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item
View Item