Mujadid, Hakim (2023) IMPLEMENTASI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA AUDIOVISUAL PADA TEMA CITA - CITAKU KELAS IV SDN WONOSARI 3 KAB. BATANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Hakim Mujadid 17120228.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
HAKIM MUJADID. “ Implementai Model Project Based Learning Berbantu
Media Audio Visual Pada Tema Cita-Citaku Kelas IV SDN Wonosari 03 Kab.
Batang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2022.
Penelitian ini dilatar belakangi karena siswa di dalam pembelajaran pada
materi tematik tema 6 subtema 3 hasil yang diperoleh sangat rendah. Hal
tersebut disebabkan karena kurangnya pembelajaran yang berpengaruh dalam
mengoptimalkan kemampuan belajar siswa karena dalam pembelajaran belum
menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga menyebabkan siswa
kurang aktif dalam pelaksanaan pembelajaran. Apalagi pada saat fase transisi
sistem daring ke tatap muka tentunya guru akan membutuhkan treatment yang
dapat menambah semangat siswa dalam proses belajar mengajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Apakah Model Project
Based Learning berbantu Media Audiovisual berpengaruh terhadap hasil belajar
Tema 6 Subtema 3 kelas IV SDN Wonosari 3 Kab. Batang Kecamatan Bawang,
Kabupaten Batang?. Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui
pengaruh Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual
berpengaruh terhadap hasil belajar Tema 6 Subtema 3 kelas I SDN Wonosari 3
Kab. Batang Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True�Eksperimenteal Design dengan jenis Posttest Only Control Design. Populasi
penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Wonosari 3 Kab. Batang dan SDN
Wonosari 1 2022/2023. Sampel yang diambil adalah 61 siswa yaitu kelas
eksperimen Kelas IV SDN Wonosari 3 Kab. Batang berjumlah 30 siswa dan
kelas control Kelas IV SDN Wonosari berjumlah 31 siswa. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui tes (soal pilihan ganda).
Perolehan ketuntasan hasil belajar siswa dalam kelas eksperimen yaitu
dari jumlah 30 siswa yang mencapai tuntas belajar yaitu 28 siswa dengan nilai
rata-rata 86,5. Sementara kelas control dari jumlah 31 siswa yang mencapai
tuntas belajar yaitu 10 siswa dengan rata-rata 59,2. Sedangkan hasil analisis uji t
dengan thitung = 7,894 dan ttabel = 1,678 maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan
ha diterima, artinya ada perbedaan hasil belajar siswa menggunakan Model
Project Based Learning berbantu Media Audiovisual dengan hasil belajar siswa
menggunakan metode konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya Model Project Based Learning berbantu Media Audiovisual digunakan
sebagai salah satu alternative guru dalam melakukan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:34 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:34 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1016 |