EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X TKJ DI SMK HARAPAN MULYA

Rajafi, Haifa (2023) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA KELAS X TKJ DI SMK HARAPAN MULYA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HAIFA RAJAFI 19110059.pdf] Text
HAIFA RAJAFI 19110059.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

HAIFA RAJAFI. NPM 19110059 ―Efektivitas Layanan Konseling Kelompok
Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa
Kelas X TKJ Di SMK Harapan Mulya‖. Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2023. Siti Fitriana, S.Pd., M.Pd. Kons sebagai dosen pembimbing I,
dan Farikha Wahyu Lestari, S.Pd., M.Pd Sebagai dosen pembimbing II.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya siswa yang
memiliki sikap prokrastinasi akademik yang tinggi. Permasalahan dalam
penelitian ini adalah 1) Siswa mengalami keterlambatan dalam menyelesaikan
tugas dikarenakan adanya perilaku menunda-nunda, 2) Siswa lebih memanfaatkan
waktu di luar aktifitas belajar, sehingga menyita waktu yang seharusnya bisa
digynakan untuk menyelesaikan tugas, 3) Tugas yang diterima terlalu sulit
sehingga menyebabkan tugas dikerjakan di kemudian hari. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas layanan
konseling kelompok teknik self-management untuk mengurangi prokrastinasi
akademik siswa kelas X TKJ di SMK Harapan Mulya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk True
Eksperimen Design dengan desain Pretest-Posttest Control Design. Populasi
dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKJ dengan jumlah 120 siswa,
terdapat 4 jumlah kelas.. Sampel yang terpilih adalah siswa yang melakukan
prokrastinasi akademik kelas X TKJ berjumlah 14 siswa dengan menggunakan
teknik purposive sampling, kemudian dibagi menjadi 2 kelompok kontrol dan
kelompok eksperimen, kelompok eksperimen mendapatkan treatment dengan
menggunakan teknik self-management.
Berdasarkan hasil Paired T test, dapat diketahui bahwa hasil sigifikasi (2-
tailed) sebesar 0,001. Maka hasil nilai signifikansi (2-tailed) < 0,05 atau 0,001 <
0,05. Jadi terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan posttest. Hal ini
menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perlakuan yang
diberikan di kelas eksperimen. Jika sampel berjumlah 14 siswa dengan taraf
signifikasi 5% maka diperoleh r tabel = 2,145. Sedangkan t hitung = 5,774. Oleh
karena itu t hitung > r tabel maka layanan konseling kelompok teknik self�management efektif untuk mengurangi prokrastinasi akademik siswa kelas X TKJ
di SMK Harapan Mulya.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya konseling kelompok teknik self-management dapat digunakan sebagai
salah satu treatment untuk mengurangi prokrastinasi akademik.
kata kunci : prokrastinasi akademik, konseling kelompok, self-management

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:31
Last Modified: 16 Jan 2024 06:31
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item
View Item