HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PALEBON 01 KOTA SEMARANG

Sa'diyah, Halimatus (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SD NEGERI PALEBON 01 KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HALIMATUS SA’DIYAH 18120169.pdf] Text
HALIMATUS SA’DIYAH 18120169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

HALIMATUS SA’DIYAH. NPM 18120169. "Hubungan Antara Motivasi dan
Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Palebon 01 Kota
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dr. Joko Sulianto, S.Pd., M.Pd. dan
Prof. Dr. A.Y. Soegeng Ysh, M.Pd. 2023. Pendidikan harus mampu mendukung
kemampuan siswa untuk belajar matematika. pengetahuan dan pemahaman
tentang matematika sangat penting, tetapi lebih penting lagi bisa mengaplikasikan
literasi matematika ini untuk memecahkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.
Segala aktivitas atau kegiatan dalam kehidupan selalu melibatkan penerapan
matematika. Manusia secara tidak langsung menerapkan matematika dalam
kehidupan sehari-hari, seperti mengelola uang, mengingat angka dan banyak
simbol, rumus, dll, untuk membantu proses perhitungan atau evaluasi yang
berkaitan dengan angka. Oleh karena itu, matematika perlu ditanamkan sejak dini.
Matematika menjadi mata pelajaran yang diberikan kepada semua jenjang dimulai
dari sekolah dasar (Hendriana, Kurniawan, & Nuriadin, 2019: 13).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif metode penelitian yang
digunakan adalah ex-postfacto korelasi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas IV SD Negeri Palebon 01 Kota Semarang tahun pelajaran 2022/2023.
Sampel yang diambil adalah 25 siswa kelas dengan menggunkan teknik non�probability sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui angket dan
dokumentasi. Hasil analisis yang telah diperoleh peneliti ditemukan adanya
hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi nelajar terdapat hubungan yang
signifikan. Hal ini terbukti dari hasil uji statistik dengan angka korelasi pearson
diperoleh bahwa df sebesar 203 pada tabel nilai “r”product moment pada taraf
signifikan 5% adalah 0,311 dari hasil konsultasi tersebut dapat diketahui
bahwasanya rxy lebih besar dari pada nilai tabel berarti H0 ditolak dan Ha
diterima, maka dapat disimpulkan terdapat hubungan yang signifikan antara
motivasi belajar dengan prestasi belajar perserta didik di SD Negeri Palebon 01
yaitu sebesar 1.035 dan masuk ke dalam derajat hubungan yang lemah atau rendah
di mana individu yang memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam lingkungan
sekolah belum tentu selalu tinggi dalam minat belajarnya, konsentrasi dan tekun
mencapai tujuannya.
Kata Kunci: Motivasi belajar; prestasi belajar; matematika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 03 Jan 2024 04:54
Last Modified: 04 Jan 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/101

Actions (login required)

View Item
View Item