PUTRI, INEZ DENISYA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING BERBANTU MEDIA BAPER DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN KELAS II SD NEGERI 1 TEGOWANU KULON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
INEZ DENISYA PUTRI 19120084.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
INEZ DENISYA PUTRI. NPM 19120084. “Pengaruh Model Pembelajaran
Snowball Throwing berbantu Media BAPER Dalam Meningkatkan Hasil Belajar
Matematika Materi Perkalian Kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Ervina Eka Subekti S.Si., M.Pd.
Pembimbing II Qoriati Mushafanah S.Pd, M.Pd. 2023.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahya hasil
belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi perkalian. Hal tersebut
disebabkan kurangnya pembelajaran yang efektif serta model dan media
pembelajaran yang kurang bervariasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah
apakah model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER
berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 1
Tegowanu Kulon?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajarn Snowball Throwing berbantu media BAPER dalam meningkatkan
hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SD Negeri 1 Tegowanu Kulon.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan
Pre-Experimental Design, karena penelitian ini dirancang hanya meliputi satu
kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SD Negeri
1 Tegowanu Kulon. Sampel Penelitian ini yaitu siswa kelas II SD Negeri 1
Tegowanu Kulon berjumlah 25 siswa dengan menggunakan teknik sampling yaitu
Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi,
wawancara, dokumentasi dan tes.
Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan uji-t, yang
sebelumnya di uji normalitas awal dan akhir. Dari hasil penelitian rata-rata nilai
hasil belajar pretest sebesar 54 dan rata-rata nilai hasil posttest sebesar 82.
Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh rata-rata hasil belajar pretest dan
posttest kemudian dianalisis akhir menggunakan uji-t diketahui N= 25 didapatkan
nilai thitung sebesar 11,490 dan db= 25 + 25-1 maka diperoleh 49 dengan taraf
signifikansi 5% didapatkan ttabel sebesar 2,010. thitung sebesar 11,490 dan ttabel
sebesar 2,010. Maka nilai thitung > ttabel (11,490 > 2,010), sehigga H0 ditolak dan
Ha diterima. Maka ada perbedaan hasil belajar matematika kelas II SD Negeri 1
Tegowanu Kulon antara sebelum dan sesudah diterapkan model pembelajaran
Snowball Throwing berbantu media BAPER. Dapat disimpulkan bahwa model
pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER berpengaruh dalam
meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian kelas II SD Negeri 1
Tegowanu Kulon.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah agar
model pembelajaran Snowball Throwing berbantu media BAPER dapat digunakan
sebagai salah satu alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci : Snowball Throwing, Media BAPER, Perkalian, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 16 Jan 2024 06:26 |
Last Modified: | 16 Jan 2024 06:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1009 |