PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Nabila, Hasna (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERBASIS ETNOMATEMATIKA MENGGUNAKAN ISPRING SUITE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of HASNA NABILA 19310064.pdf] Text
HASNA NABILA 19310064.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran materi
bangun ruang sisi datar berbasis etnomatematika menggunakan Ispring Suite
berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development.
Model yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Limpung. Hasil dari
penelitian ini yaitu media pembelajaran dinyatakan: (1) Valid digunakan menurut
ahli media dengan persentase 94,00% dan ahli materi sebesar 95,56% dengan
kategori sangat baik, (2) Praktis digunakan menurut respon siswa dengan
persentase sebesar 90,06% yang berada pada kategori sangat baik nilai
kepraktisannya, (3) Efektif digunakan dengan rerata hasil belajar kemampuan
pemecahan kelas eksperimen lebih baik dari rerata kelas kontrol, ketuntasan
belajar klasikal kelas eksperimen berada pada persentase 93,75%, dan terjadi
peningkatan kemampuan pemecahan masalah.
Kata kunci
Masalah
:
Media Pembelaran, Ispring Suite, Kemampuan Pemecahan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 16 Jan 2024 06:28
Last Modified: 16 Jan 2024 06:28
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/1006

Actions (login required)

View Item
View Item