TRIANAWATI, RINDI INDRA (2024) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERCERITA DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SD NEGERI 01 BADAK KABUPATEN PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
RINDI INDRA TRIANAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
RINDI INDRA TRIANAWATI. NPM 20120017. “Penerapan Metode Picture and
Picture Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan
Bercerita dan Hasil Belajar Siswa Kelas III SD Negeri 01 Badak Kabupaten
Pemalang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
kemampuan bercerita dan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa
Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena metode pembelajaran pada mata
pelajaran Bahasa Indonesia masih didominasi menggunakan metode ceramah dan
penugasan.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan Metode
Picture and Picture dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan
kemampuan bercerita siswa kelas III SD Negeri 01 Badak Kabupaten Pemalang? 2)
Bagaimana penerapan metode Picture and Picture dalam pembelajaran Bahasa
Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SD Negeri 01 Badak
Kabupaten Pemalang? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mengetahui keefektifan metode Picture and Picture terhadap hasil belajar
siswa kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia SD Negeri 01 Badak.
Jenis penelitian ini adalah penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu
data yang diperoleh dianalisis secara interpreatif menggunakan teori yang ada,
kemudian secara induktif ditarik kesimpulan untuk menjawab pertanyaan yang ada.
Setelah melalui tahapan dalam penelitian disajikan dalam bentuk deskriptif serta
pengambilan kesimpulan atas dasar penelitian yang ada sehingga dapat tercapai
kejelasan tentang permasalahan yang akan diteliti. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh siswa kelas III SD Negeri 01 Badak yang berjumlah 41 siswa, dan
guru kelas III. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara,tes,
angket, dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan menujukkan bahwa ada
peningkatan antara pembelajaran sebelum diberi perlakuan dan sebelum diberi
perlakuan. Dapat diketahui bahwa hasil belajar sebelum diberi perlakuan nilai
pretest menunjukan rata-rata sebesar 60, sedangkan setelah diberi perlakuan nilai
posttest menujukkan rata-rata sebesar 85. Dari hasil nilai pretest dan posttest
menunjukkan nilai rata-rata posttest lebih tinggi dari pada nilai pretest, Jadi dapat
disimpulkan bahwa metode Picture and Picture efektif terhadap hasil belajar siswa
kelas III mata Pelajaran Bahasa Indonesi SD Negeri 01 Badak.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode Picture and Picture dapat digunakan sebagai salah satu alternatif
guru dalam mengajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 07:28 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4820 |