Latifah, Nur (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR PROJEK IPAS BERORIENTASI ESD DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA ASPEK ZAT DAN PERUBAHANNYA UNTUK MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS_NUR LATIFAH_compressed (1).pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latifah, Nur. 2024. “Pengembangan Modul Ajar Projek IPAS Berorientasi ESD
dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Aspek Zat dan
Perubahannya untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila”. Pembimbing: (1) Dr.
Muhammad Syaipul Hayat, M.Pd; (2) Dr. Nur Khoiri, S. Pd., M. T., M. Pd
Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum banyaknya perangkat
pembelajaran konteks ESD yang diintegrasikan ke dalam mata pelajaran khususnya
Projek IPAS. Selain itu pembelajaran masih banyak yang dilaksanakan secara
klasikal dengan menganggap kemampuan semua siswa relatif homogen dan pasca
pandemi covid-19 aktualisasi profil pelajar Pancasila dari siswa mengalami
penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik, validitas,
kepraktisan, dan efektivitas modul ajar Projek IPAS berorientasi ESD dengan
pendekatan pembelajaran berdiferensiasi pada aspek zat dan perubahannya untuk
mewujudkan profil pelajar Pancasila. Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan pendekatan R&D (Research and Development) yang dikembangkan
dengan menggunakan empat tahap model pengembangan 4D Thiagarajan, yaitu
define, design, develop, dan disseminate. Karakteristik modul ajar hasil
pengembangan ini adalah modul ajar yang mengintegrasikan ESD dan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi. Reorientasi ESD baik pengetahuan, masalah (isu
lokal), keterampilan, perspektif serta nilai disajikan pada permasalahan ancaman
krisis air bersih sehingga melatih peserta didik bernalar kritis, kreatif dan berakhlak
terhadap alam sehingga terwujud profil pelajar Pancasila. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa validitas modul ajar sebesar 94.09%, ATP sebesar 93%, LKPD
94.6% dan bahan bacaan guru dan peserta didik 93.5% dengan kriteria sangat valid
dan dapat digunakan tanpa revisi. Kepraktisan modul ajar sebesar 95.45%, ATP
sebesar 96%, LKPD 95.69% dan bahan bacaan guru dan peserta didik sebesar
93.43% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya uji efektivitas modul ajar
terhadap peningkatan profil pelajar Pancasila dimensi beriman, bertakwa kepada
Tuhan YME dan berakhlak mulia elemen akhlak kepada alam didapatkan
thitung>ttabel (6.396>2.03224) dengan signifikansi 0.000, sedangkan uji N-gain
sebesar 58.23%, sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar berorientasi ESD
dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif untuk meningkatkan
akhlak peserta didik kepada alam. Uji efektivitas modul ajar terhadap peningkatan
profil pelajar Pancasila dimensi
bernalar kritis didapatkan thitung>ttabel
(2.438>2.03224) dengan signifikansi 0.017, sedangkan uji N-gain sebesar 62.32%,
sehingga dapat disimpulkan bahwa modul ajar berorientasi ESD dengan pendekatan
pembelajaran berdiferensiasi cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan
bernalar kritis. Kemudian uji efektivitas modul ajar terhadap peningkatan profil
pelajar Pancasila dimensi kreatif didapatkan thitung>ttabel (4.511>2.03224) dengan
signifikansi 0.000, sedangkan uji N-gain sebesar 65.74%, sehingga dapat
disimpulkan bahwa modul ajar berorientasi ESD dengan pendekatan pembelajaran
berdiferensiasi cukup efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif.
Kata kunci: Modul Ajar, Projek IPAS, ESD, Pembelajaran Berdiferensiasi, Profil
Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 07:13 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 07:13 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4618 |